Berikut Daftar Institusi Laboratorium Tes Spesimen Corona

Pemeriksaan spesimen virus corona baru (Covid-19) bisa dilakukan pihak di luar Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.


Hal ini diungkapkan jurubicara pemerintah untuk penaganan virus corona baru, Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (18/3).

Pihaknya mengungkapkam adanya jejaring labotarium swasta yang bisa melakukan pemeriksaan spesimen corona.

"Jejaring laboratorium yang bisa dilakukan pemeriksaan Covid-19 ini adalah Jejaring Laboratorium Siloam, Jejaring Laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda grup," ujar Achmad Yurianto dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Dengan adanya jejaring laboratium ini, Yurianto berharap deteksi dini dan penemuan kasus baru dapat di maksimalkan.

Dia menyebutkan, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia juga mendedikasikan sarana dan prasarananya untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

"Asosiasi rumah sakit swasta, dan perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia mendedikasikan seluruh sarana prasarananya digunakan oleh masyarakat, untuk mendapatkan layanan perawatan, layanan pemeriksaan Covid-19," pungkasnya.

Selain tiga laboratorium ini, sebelumnya Achmad Yurianto juga telah mengungkapkan, bahwa ada 12 laboratium lain yang siap melakukan tes spesimen corona.

Kedua belas laboratium itu tersebar di sejumlah daerah. Berikut ini daftarnya:

1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja, antara lain Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.

3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja, antara lain Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja, antara lain Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

5. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja, antara lain Papua dan Papua Barat.

6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Banten.

7. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja, antara lain Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

8. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Daerah Istimewa Yogyakarta dengan wilayah kerja, antara lain DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

9. Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta dengan wilayah kerja DKI Jakarta.

10. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan wilayah kerja DKI Jakarta.

11. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan wilayah kerja, antara lain RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo dan RS Universitas Indonesia.

12. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja RSUD Dr Soetomo dan RS Universitas Airlangga.