Dampak Covid-19 Situs Wisata Religi Gresik Ditutup

Wisata religi Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri yang terletak di pusat Kota Gresik Jawa Timur ditutup umum sementara, untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19). 


Penutupan itu berdasarkan nota Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik, yang dikirimkan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPJB) Jawa Timur nomer 0607/F7.2/KB/2020 perihal penutupan Situs.

Kepala Disparbud Gresik Agus Halomoan Sinaga melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Gresik Reza Pahlevi membenarkan penutupan dua situs itu. 

"Informasi yang terhimpun, penutupan dilakukan oleh pihak Yayasan masing-masing atas dasar nota dari BPJB dan akan dilaporkan kepada Bupati Gresik," ujarnya, Rabu (18/3).

“Hari ini saya akan melaporkan penutupan situs Makam Wali dua wali itu ke Bupati. Untuk minta petunjuk dan arahan bagaimana selanjutnya, terhadap kebijakan itu, ?.” tuturnya menirukan ucapan Kepala Disparbud.

Saat ditanya penutupan akan dilakukan sampai kapan, pihaknya belum bisa memastikan. Karena, menunggu instruksi lebih lanjut dari pihak terkait maupun pemerintah pusat.

"Kami belum bisa pastikan sampai kapan, sebab keputusan ini merupakan tindaklanjut dari pihak terkait situs tersebut," tandasnya.