RSUD Ngawi Rawat Tiga ODP Covid-19

Upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, pihak RSUD dr Soeroto mengidentifikasi setiap pasien.


Hasilnya sampai saat ini ada tiga pasien dalam pengawasan rumah sakit atau ODP (Orang Dalam Pengawasan). 

"Ada tiga orang pasien yang kita masukan dalam pengawasan atau ODP tadi. Tetapi mereka kita persilahkan isolasi di rumah," terang Agus Priyambodo Direktur Umum RSUD dr Soeroto Ngawi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (18/3).

Agus menandaskan, ketiga pasien dengan status ODP karena didasari beberapa ciri-ciri seperti batuk, pilek dan panas serta sesak nafas.

Apabila hasil rontgen ada gejala pneumonia maka akan dirujuk ke RSU Soedhono Madiun sesuai rujukan. Namun ketiganya menunjukan kondisi membaik dan dipersilahkan pulang ke rumah.

"Meski mereka pulang kita tetap melakukan pengawasan. Selama empat belas hari mereka tidak boleh kemana mana harus di rumah hal itu untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka," ujar Agus. 

Sekali lagi pihak RSUD dr Soeroto Ngawi telah mempersiapkan diri untuk merawat pasien bilamana terjadi suspect virus corona secara mandiri. Semua fasilitas sudah dipersiapkan baik ruang isolasi maupun tenaga medis. Agus berharap dalam pencegahan penyebaran virus corona dibutuhkan pro aktif semua pasien.