Akhir Maret 2020, Pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona Ditargetkan Rampung

Pemerintah bekerja cepat membangun sarana rumah sakit khusus corona. Ditargetkan pembangunan rumah sakit yang berlokasi di Pulau Galang membutuhkan waktu satu bulan, sehingga bisa selesai pada akhir Maret 2020 nanti.


"Pemerintah tengah mempercepat pembangunan fasilitas pengendalian infeksi penyakit menular, terutama Covid-19 di atas lahan 20 ha di Pulau Galang, 56 km dari Kota Batam. Saya menargetkan, pembangunan fasilitas ini selesai 28 Maret 2020," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya di Istana Negara, Jumat (20/3).

Selain mempercepat pembangunan rumah sakit khusus corona di Pulau Galang, Jokowi menekankan kepada jajarannya untuk mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung, seperti menambah kapasitas rumah sakit rujukan sebagai ruang isolasi. Baik dari sisi ruang, dari sisi peralatan, obat, dan sumber daya manusia (SDM).

Rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit virus corona (Covid-19).

Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya.

“Saya akan menggerakkan seluruh kekuatan pemerintah dan kekuatan negara dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini, baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya,” jelas Jokowi, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.