Menkominfo Harusnya Gratiskan Kuota Internet Bagi Anak Sekolah

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G. Plate dikiritik. Sebab di saat wabah virus corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia, Menkominfo tidak memberikan peran berarti ke masyarakat.


Kritikan itu disampaikan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/3).

Menurut mantan Jurubicara Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, peran Menkominfo sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang sedang mengikuti arahan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Arahan pemerintah yang dimaksud adalah mengenai penerapan social distancing dan imbauan work from home (WFH).

"Padahal ketika social distancing ini kemudian work from home itu kan memerlukan kuota (internet)," ujarnya. Sehingga, kata Adhie,

Sekjen Partai Nasdem itu seharusnya turut berperan aktif agar masyarakat tetap mau mengikuti arahan pemerintah untuk berada di dalam rumah. Sehingga penyebaran virus corona yang semakin luas bisa efektif dicegah.

Salah satu peran yang bisa dilakukan adalah dengan mengupayakan adanya kuota internet gratis bagi rakyat, khususnya anak sekolah yang sedang belajar dari rumah dengan memanfaatkan jaringan maya.

"Tidak ada yang dilakukan oleh Kominfo untuk misalnya menggratiskan atau mengurangi harga atau biaya kuota internet. Harusnya itu kan dilakukan untuk menolong masyarakat terutama anak-anak sekolah," jelas Adhie.