Takut Tertular, Warga Desa Demo Tolak Puskesmas Isolasi Pasien COVID-19

Ditengah wabah virus Corona yang melanda dan kebutuhan pemerintah akan fasilitas kesehatan guna merawat warga yang terpapar, puluhan warga Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo menolak rencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Sidoarjo sebagai salah satu puskesmas yang bakal dijadikan tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19, Selasa (31/3/2020). Penolakan itu dibuktikan dengan aksi pemasangan sejumlah spanduk penolakan di pintu masuk puskesmas yang ada di JL Raya Sidodadi itu.


Sejumlah spanduk penolakan itu, diantaranya Jangan Bunuh Kami Dengan Wabah Corona, Isolasi Pasien Covid-19 Jangan Di Desa Kami (Sidodadi), Warga Sidodadi Menolak Puskesmas Akan Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Ojo Digawe Panggon Isolasi Corona, Warga Sidodadi Emo Dadi Sarang Corona, Ojok Isolasi Nak Kene dan Warga Sidodadi Menolak Isolasi Pasien Covid-19.

"Warga jelas menolak rencana menjadikan puskesmas jadi tempat rujukan pasien Covid-19 itu. Karena puskesmas lokasinya di dekat perumahan warga padat penduduk," ungkap salah seorang warga yang memasang spanduk penolakan, Selasa (31/3/2020).

Kades Sidodadi, Karnoto menegaskan aksi penolakan warga itu aksi spontan. Pihaknya tidak bisa melarang karena warga juga khawatir jika puskesmas dijadikan ruang perawatan dan isolasi.

"Semua (penolakan) itu aspirasi warga. Kami tak bisa intervensi (menghalangi)," tandasnya.