Cegah Covid-19, Pemkot Surabaya Perbanyak Wastafel Portable dan Bilik Sterilisasi

Pemkot Surabaya terus menambah fasilitas kebersihan ratusan wastafel portable dan bilik sterilisasi yang disebar ke seluruh wilayah.  
Penambahan fasilitas kebersihan itu agar masyarakat dapat mencegah penularan covid-19 di Surabaya. 


"Wastafel portable kita 751 titik dan ini akan kita tambah terus. Sedangkan bilik sampai tadi malam 184 bilik dan ini kita gerak terus dan hari ini semoga bisa tembus di atas 200 bilik dan terpasang diseluruh wilayah Kota Surabaya," kata Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR), Robben Rico dikutip Kantor Berita RMOLJatim di Balai Kota Surabaya, Rabu (1/4). 

Menurut Robben ratusan wastafel portable dan bilik sterilisasi tersebut saat ini sudah tersebar mulai dari tingkat RW, Pasar Krempyeng, SD dan SMP. 

"Karena yang pencegahannya adalah kita banyak mencuci tangan, bahkan kemarin kita diperintahkan oleh bu wali, ternyata tidak hanya cuci tangan, ini nanti beberapa sudah kita siapkan, contohnya sabun ini diberi sumbangan dari teman-teman perusahan untuk cuci tangan dan cuci muka, karena kalau kita mendapatkan  informasi penyebarannya melalui hidung, mata dan selain tangan muka juga dibilas atau dicuci," kata Robben. 

Alhasil dengan bertambahnya fasilitas kebersihan di pelayan publik ini, ternyata mendapat sambutan dari msyarakat.

Hal ini terlihat dari banyaknya suplay sabun yang diterima dari perusahan sabun antiseptik sebanyak 700 liter per hari yang akan ditaruh di 751 titik wastafel portable. 

"Saya banyak bersyukur ternyata warga banyak yang peduli untuk cuci tangan. Itu terbukti pada saat kami keliling kemarin. Warga yang menggunakan sepada motor berhenti untuk mencuci tangan, kemudian melanjutkan perjalanan lagi, artinya apa, sosiliasai kami dalam pencegahan untuk menciuci tangan ini jika ditunjang fasilitas yang memadai. Salah satunya ya memasang wastafel ini," pungkasnya.