Sandiaga Uno: Pentingkan Masyarakat Bawah, Kalau Selalu Fokus Covid-19 Akan Tambah Panjang

Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan dalam mengatasi pandemik virus corona baru (Covid-19) yang kini menjangkit Tanah Air.


Demikian disampaikan politisi Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno dalam diskusi daring bertajuk 'Ngopi Bareng Spesial Ramadhan: Misteri Jurus Jitu Ekonomi', Selasa (28/4).

"Kita mestinya fokusnya ada di kesehatan, UMKM, dan masyarakat bawah. Karena kalau kita fokusnya Covid-19 ini akan jauh lebih panjang dan lebih dalam. Jadi kalau kita bicara politik, sumber daya ekonomi itu harus diselesaikan dulu dari segi kesehatan,” ujar Sandiaga.

Mantan Cawapres 2019 ini membeberkan, gejolak yang terjadi secara global seperti saat ini tak bisa diprediksi sebelumnya dan sulit dicegah.

“Ketidakpastian ini jauh lebih tinggi dibanding SARS, juga krisis tahun 2008 tidak setinggi ini. Tingkat inflasi naik, harga bahan pokok, terus penjualan ritel jebol, industri manufaktur, kegiatan dunia usaha, dan cadangan devisa juga,” paparnya.

Sandiaga kembali menegaskan bahwa upaya untuk menyelamatkan sektor ekonomi, Indonesia harus berangkat dari visi kesehatan.

“Covid-19 juga sama, kembali ke common sense. Saya melihat akal sehatnya, dahulukan kemanusiaannya. Kalau ada dokter atau tenaga kesehatan yang tidak dapat APD, itu yang kita dahulukan. Akal sehat ini bisa digunakan untuk para penjabat publik dalam mengambil keputusan,” tandasnya, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Dalam diskusi tersebut, turut serta pengamat politik Hendri Satrio, anggota DPR Komisi XI dari Fraksi Gerindra, Kamrussamad, dan pengamat politik Rocky Gerung.