Unitomo-Universitas Filipina Gelar Diskusi Online, Bahas Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama University of East Caloocan, Philippines menggelar International Sharing Session bertemakan “Online Distance Learning during Covid-19, Experiences from Middle East, The Philippines, and Indonesia”.


 “Meski di tengah Pandemi, penerapan Tridharma Perguruan Tinggi tetap harus berjalan. Kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan akademik melalui gadget, dan fakta yang menarik mahasiswa yang biasanya secara tatap muka kurang aktif, namun secara online mereka menjadi lebih aktif berdiskusi”, kata Wakil Rektor Unitomo, Meithiana Indrasari, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (5/5).

Kegiatan secara online melalui Zoom Meeting diikuti hampir 300 partisipan itu juga menghadirkan Mutjaba Momin, Assistant Professor - HRM American University of Middle East bersama Louie A. Divinagracia, Dean College of Business Administration University of East Caloocan, Philippines sebagai narasumber.

Dalam kesempatan itu Mutjaba Momin mengatakan, Pandemi telah berimbas ke seluruh sektor, bahkan sektor pendidikan. Dia  menegaskan dalam situasi seperti ini, institusi pendidikan harus melakukan percepatan perubahan pola pendidikan yang kental akan teknologi informasi.  “Pendidikan harus tetap dilanjutkan, jadikan krisis ini menjadi kesempatan untuk upgrade knowladge secara signifikan”, ujarnya.

Sementara, Louie A. Divinagracia menyampaikan, situasi Pandemi Covid-19 mendorong dunia pendidikan agar memiliki kemampuan fleksebilitas dalam merespons hal-hal yang tidak terduga.

“Sudah saatnya kita mengakrabkan yang namanya pendidikan berbasis teknologi, karena media yang kita miliki semuanya sudah menunjang akan hal itu, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya secara efektif dan efisien”, pungkasnya.