Bagikan 20 Ribu Nasi Bungkus, Cara Pemkot Kediri Galang Solidaritas Terdampak Corona

Pemkot Kediri melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Kediri membagikan nasi bungkus 4 Mei-20 Mei 2020 kepada para warga terdampak Corona. Targetnya sejumlah 20.000 bungkus dibagikan menjelang buka puasa.


Tak sekadar nasi bungkus (nasbung), tapi juga cara untuk menggalang solidaritas dan memberi pekerjaan bagi warga ekonomi lemah yang terdampak.

“Target kami 18.000-20.000 bungkus diperuntukan kaum duafa di Kota kediri. Penyalurannya lewat 46 kelurahan selama 20 hari. Awalnya ini adalah anggaran untuk safari ramadhan yang rutin diadakan tiap tahun. Namun karena pandemi corona, untuk tahun 2020 ini anggaran safari ramadhan diganti menjadi pembagian nasi bungkus,” kata Ardi Handoko, Kabag Kesra Kota Kediri. 

Pembelian/pengaadaan nasbung dilakukan di warung-warung kecil di kelurahan masing-masing guna pemberdayaan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Yang memasak ini warga sini yang biasanya dapat order catering, tapi pas Corona tidak dapat order,” kata Widya Purna Nurhuda, Lurah Setonopande, Kecamatan Kota, Jumat (8/5). Usaha catering yang dipilih pun yang usahanya kecil, bukan catering besar.

Nunis (34 tahun), penerima order nasi bungkus ini menghidupi dua anaknya. Kesehariannya, ia mendapatkan order dari kantor-kantor, semua ia olah sendiri. Berhubung kantor banyak yang bekerja di rumah, maka tak ada orderan. Untuk program nasbung ini, Nunis mengolah sekitar 400-an bungkus. Nasi bungkus dengan lauk daging ayam, mie, dan sayuran. Ia juga menggerakkan ibu-ibu yang lain untuk membantu. 

“Kalau uangnya utamanya dari Pemkot, tapi warga juga ada yang iuran, juga Pak Lurah ikut nambahi,” kata Nunis.

Dalam memasak, ia juga menaati prosedur kesehatan. Semua menggunakan masker dan memerhatikan kebersihan dari mulai bahan hingga pembungkusan. 

Menurut Widya, target dari Kesra, pembagian nasbung ini dilakukan setiap hari di setiap kecamatan di Kota Kediri. Masing-masing kecamatan minimal 1 kelurahan, ada yang 2 kelurahan per hari.

Teknisnya, tetap menghidari berkumpul dan taat prosedur kesehatan. Dari warga yang memasak, nasi bungkus dikumpulkan ke kelurahan. Dari kelurahan ini, dibagian oleh Karang Taruna ke rumah-rumah yang membutuhkan. Harapannya, warga yang terdampak bisa mendapatkan buka puasa dengan nasi bungkus.

Bagian Kesra menargetkan, semua warga terdampak mendapatkan pembagian nasbung ini. Bantuan yang bisa langsung dimakan dan pengolahannya hingga pembagiannya melibatkan warga kelurahan. Hari ini, Sabtu (9/5) jadwalnya di Kelurahan Mrican (Kecamatan Mojoroto), Kelurahan Kaliombo (Kecamatan Kota), dan Kelurahan Tosaren (Kecamatan Pesantren). [andik/hms]