Umaha Dorong Potensi Wirausaha Generasi Milenial di Tengah Pandemi Covid-19

Ketahanan ekonomi keluarga merupakan solusi dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).


Dikatakan Kaprodi Manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha), Wulan Purnamasari, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan dan profeisonal untuk memberikan altiernatif solusi ke masyarakat.

“Kita akan menjalin kerjasama dengan para stakeholder untuk mencarikan altiernatif solusi ke masyarakat,” kata Wulan dalam diskusi virtual bertema “Ketahanan Ekonomi Keluarga dan Solusi Menghadapi Pendemi Corona”, Sabtu (6/6).

Tidak hanya itu, Wulan menerangkan pihak Umaha sebelumnya juga membagikan 5.000 bibit tanaman ke masyarakat terdampak Covid-19.

“Harapan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat dan menguramgi kejenuhan selama di rumah saja,” tandasnya.  

Senada Kaprodi Kewirausahaan Umaha, Darno mengatakan, selama ini Umaha mendorong arah potensi wirausaha mahasiswa ke bidang pertanian.

“Kita sudah ada yang berbisnis sayur hidroponik dari mahasiswa kita, anak muda milenial. Walaupun  celah pasarnya belum terlalu lebar, segmen ini terus meningkat,” ujar Darno dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Darno menyebut, wirausaha mahasiswa ini akan menjadi solusi dalam menghadapi impor pangan dan mengantisipasi penurunan petani muda yang rata rata 8 persen pertahun penurunanannya.

“Data pertumbuhan sektor pertanian kwartal 1 tahun 2020 ini 0 persen tahun 2019 sekitar 1 persen. Ini ironis sekali karena sektri lain di atas 2 persen bahkan kontruksi hampir 3 persen,” demikian Darno yang juga Ketua Komite Tetap Bidang Fiskal Kadin Jatim.