FIA Unitomo Gelar Webinar Rumuskan Kolaborasi Pentahelix Menuju New Normal

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo (FIA Unitomo) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim dan Pusat Penelitian & Pelatihan Indonesia Tangguh (PUSPPITA) serta Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) Jatim menggelar Webinar Internasional dengan mengangkat tema ”Kolaborasi Pentahelix Menuju New Normal”.


“Kegiatan ini dimaksudkan dalam upaya merumuskan dan merekomendasikan desain kelembagaan yang efektif untuk dapat mendorong sinergitas pentahelix dalam menghadapi atau menuju new normal. Mari kita satukan persepsi terkait kolaborasi pentahelix agar dapat melakukan upaya-upaya kolaboratif yang sinergis dalam memerangi pandemi Covid-19”, ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Prov. Jatim, Suban Wahyudiono dalam webinar zoom meeting, Sabtu (20/6).

Sementara, Guru Besar Sosiologi Kebencanaan Universitas Pertahanan, Prof. Syamsul Maarif, mengatakan, dengan kesiapsiagaan diharapkan kesadaran publik akan meningkat serta dapat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi serangan virus corona daripada masa sebelumnya.

“Untuk bisa tangguh, semua pihak harus dapat meningkatkan kapasitasnya terhadap akses informasi terhadap ancaman (hazard), melakukan tindakan antisipasi berdasarkan informasi ancaman yang diperoleh, memiliki daya proteksi diri, mempunyai daya adaptasi atas situasi yang ada, dan memliki daya lenting untuk memulihkan diri dari dampak bencana”, tutur Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2008 – 2015 ini dalam kegiatan yang diikuti sekitar 300 partisipan.