Pelindo 3 Perbarui Alat Pembayaran Non Tunai Agar Bisa Diakses Semua Kartu

Penerapan pembayaran non tunai telah dilakukan Pelindo 3, tahun ini, sebagai salah satu langkah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pihaknya memperbarui dengan alat yang bisa membaca semua kartu dari beberapa bank penerbit kartu.


“Opsi pembayaran non tunai untuk pengguna jasa yang mengakses gerbang di kawasan Pelindo 3 sudah dikembangkan sejak tahun 2016. Memasuki new normal tahun 2020 ini kami memperbaharuinya dengan alat yang bisa membaca semua kartu dari beberapa bank penerbit kartu,” kata Direktur Utama Pelindo 3, U. Saefudin Noer, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (17/7).

Sebagai bagian dari mengakselerasi transformasi bidang Information and Communication Technology (ICT) Pelindo 3 memasang sistem Security Access Module (SAM) multi applet, atau lebih popular dengan SAM multi applet di gerbang masuk pelabuhan agar dapat membaca semua kartu non tunai.

Dengan pembaharuan SAM multi applet akan dapat membaca transaksi baik produk E-Money, Tapcash, Brizzi, dan Flazz . Ini bagian dari pengayaan feature & benefits e-port yang sudah dimulai sejak tahun 2016. 

“Saat ini Pelindo 3 merupakan satu-satunya BUMN non Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang sudah menerapkan pemasangan SAM multi applet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan menjadi yang pertama menggunakan single reader. Hal ini untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa yang ingin masuk ke pelabuhan,” tuturnya.

Sebelumnya, pintu gerbang pelabuhan di wilayah Pelindo 3 hanya bekerjasama dengan bank-bank BUMN. Setelah pemasangan single SAM multi applet atau single reader sekarang kartu non tunai dari beberapa bank dapat digunakan untuk masuk ke pelabuhan.

Selanjutnya, penerapan single reader akan segera diterapkan juga di semua Pelabuhan yang dikelola Pelindo 3 di antaranya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kupang.