HUT RI Ke-75,Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang Di Merauke

Bendera Merah Putih Raksasa saat dibentangkan di PLBN Sota Merauke/RMOLPapua
Bendera Merah Putih Raksasa saat dibentangkan di PLBN Sota Merauke/RMOLPapua

Bendera merah putih berukuran raksasa dibentangkan saat peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 di Merauke.


Bendera kebangsaan berukuran 30 X 20 meter persegi tersebut dibentangkan oleh Korem 174 Merauke di titik 0 Kilo Meter Pos Lintas Batas Negara RI-PNG Distrik Sota Merauke bersama seluruh komponen masyarakat di Kabupeten Merauke, dengan tetap berpedoman dengan protokol kesehatan Covid-19.

Dikutip dari Kantor Berita RMOL Papua, Kasrem 174/ATW (Merauke) Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya event ini adalah untuk meningkatkan jiwa kebangsaan dan semangat nasionalisme dari Warga Merauke dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.

"Guna meningkatkan jiwa kebangsaan dan semangat nasionalisme dari warga Merauke yang mana jumlah populasi di masyarakat Merauke ini cukup heterogen, tidak hanya dari suku asli Papua tapi juga mewakili suku-suku lain di Indonesia sebagai wujud persatuan dan kesatuan di wilayah Merauke yang merupakan wilayah kedaulatan NKRI yang paling timur," katanya. 

Dipilihnya Titik nol sebagai lokasi untuk membentangkan bendera merah putih karena PLBN Sota merupakan tempat yang paling strategis dalam kontek kebhinekaan.

"Dikarenakan PLBN Sota ini adalah daratan wilayah paling timur NKRI,"tandas Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo.