Ketua Dewan Minta Gudang Perhatikan Nasib Petani Tembakau Probolinggo

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, H Andi Suryanto Wibowo. /RMOLJatim
Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, H Andi Suryanto Wibowo. /RMOLJatim

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo mendengar langsung jeritan petani tembakau di Kabupaten Probolinggo. Bahkan, dia juga menyayangkan harga tembakau di bawah kisaran para petani.


"Saya sebenarnya mendengar langsung keluhan petani itu. Rata-rata petani ini mengeluhkan harga tembakau," jelas Andi Suryanto Wibowo pada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/09) malam.

Menurutnya, keluhan petani untuk saat ini yaitu soal harga. Sebab harga tembakau di Kabupaten Probolinggo hanya Rp 26 hingga Rp 30 ribu.

"Untuk daun bawah tembakau itu di hargai Rp 28 ribu oleh tengkulak dan daun tengah hanya di hargai Rp 30 ribu," paparnya.

Kalau mengacu pada tahun 2018 dan tahun 2019 masih kata masih kata politisi Nasdem ini, harga tembakau mencapai Rp 40 ribu untuk perkilonya.

"Nah, sekarang ini memang petani tembakau betul-betul kebingungan. Karena, modal untuk menanam tembakau ini besar. Belum masih produksinya yang membutuhkan modal besar lagi," terang dia.

Sehingga, pihaknya bersama komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, berencana untuk memanggil pimpinan Gudang di Kabupaten Probolinggo.

"Kita mau duduk bersama dan kita mau menanyakan langsung pada gudang. Kenapa harga tembakau begitu anjloknya di Kabupaten Probolinggo,"sebut dia.

Dengan anjloknya harga tembakau di Kabupaten Probolinggo ini, di kawatirkan oleh Andi, ada permainan tengkulak.

"Jangan-jangan ini permainan tengkulak untuk memurahkan harga tembakau. Sehingga, oleh tengkulak di timbun dan nantinya ketika tembakau mahal akan di jual," tegas pria berkacamata ini.

Sebab saat ini, Nasdem utamanya sudah mendesak ke Gubernur Jatim yaitu Khofifah Indar Parawansa untuk secepatnya mengambil langkah terbaik. Apalagi, desakan ini muncul dari pimpinan Komisi IV DPR RI yaitu Hasan Aminuddin.

"Keluhan petani ini sebenarnya sudah di dengar oleh Nasdem. Apalagi, Bapak Hasan Aminuddin sudah mendesak ke Gubernur Jatim untuk segera membuka gudang. Karena, Nasdem ini hadir bersama rakyat," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news