Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Jalani Tes Kejiwaan di RSSA Malang

Para calon kepala daerah di Jatim saat mengikuti tes di RSSA Malang/Ist
Para calon kepala daerah di Jatim saat mengikuti tes di RSSA Malang/Ist

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar di masing-masing daerah, khususnya di wilayah di Jawa Timur. 


Para calon kepala daerah di Jawa Timur, baik Kota/Kabupaten dari sembilan daerah yang melaju dalam konstestasi Pilkada yang akan digelar 9 Desember tahun 2020 ini wajib mengikuti pemeriksaan kejiwaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang atau RSSA Malang. Rabu (9/9) pagi.

Pemeriksaan psikologi tersebut, merupakan bagian dari pemeriksaan jasmani dan rohani sebagai syarat untuk melaju di konstestasi Pilkada. 

Dalam pemeriksaan pada hari ini, ada 26 calon kepala daerah dari sembilan wilayah di Jawa Timur yang ikut jalani test. Seperti dikatakan oleh Wakil Direktur RSUD Saiful Anwar dr. Syaifullah Azmiragani.

"Pada hari ini, semua paslon ada, ada 26 calon yang datang," ungkap Azmiragani pada awak media. 

Masih menurut Azmiragani, pihaknya memastikan bahwa tes psikologi yang digelar di RSUD Saiful Anwar tersebut adalah kredibel dan berintergritas, yang telah disesuaikan standar dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi)

Tak hanya itu, lanjut Azmiragani, selain test psikologi, para calon juga harus melalui tahapan tes narkoba dan tes kesehatan fisik yang dilakukan bertahap sejak Senin hingga Jumat mendatang. 

"Jadi ini pemeriksaan (para calon kepala daerah) lengkap sesuai pemeriksaan yang direkomendasikan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia), BNN (Badan Narkotika Nasional, Himpsi, ada tes psikologi, narkoba, tes fisik," bebernya.

Azmiragami juga menjelaskan, bahwa dari serangkain tes hari ini masih ada calon yang belum melakukan. Akan tetapi, sudah dijadwalkan hari Kamis besok dan pekan depan.

"Hari ini kita mengerjakan pemeriksaan kesehatan jasmani, tapi untuk besok ada gelombang kedua, itu khusus untuk pengurusan fisik calon-calon yang sisanya," tuturnya.

Dari sembilan daerah di Jatim, hari ini yang mengikuti tes kejiwaan adalah 7 daerah, diantaranya adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, para calon Kepala daerah mereka melakukan tes kesehatan di RSUD Saiful Anwar Malang. 

Tes kesehatan tersebut meliputi tes fisik dan tes kejiwaan yang dijadwalkan berlangsung sejak Senin 7 September hingga Jumat 11 September 2020 mendatang.