Ketum KONI: Peringatan Haornas 2020 di Masa Pandemi Kebangkitan Olahraga Prestasi Indonesia

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn), Marciano Norman/RMOLJatim
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn), Marciano Norman/RMOLJatim

Hari ini, Rabu (9/9) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi direncanakan mengikuti peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) secara daring atau online. 


Kali ini, peringatan Haornas akan mengangkat tema "Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism".

"Ketiga tema itu untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga. KONI mendorong seluruh anggota (induk cabor dan KONI Provinsi) agar mengembangkan Sport Science untuk tingkatkan prestasi”, kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn), Marciano Norman, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya perkembangan industri olahraga dapat mendorong perkembangan perekonomian masyarakat dengan catatan potensi industri olahraga dikelola dengan baik. 

"Kemajuan industri olahraga akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Sport Tourism menjadi salah satu cara mempromosikan pariwisata tanah air. Indonesia alamnya baik, salah satu cara memperkenalkannya melalui event olahraga," jelas dia.

Dia berharap, atlet mendapatkan penanganan mental, fisik, nutrisi dan juga peralatan yang terbaik. Sport Industry atau Industri Olahraga, sambungnya, juga penting untuk dikembangkan. 

"Industri olahraga menentukan bagaimana olahraga tetap hidup. Peringatan Haornas 2020 di masa pandemi merupakan kebangkitan olahraga prestasi Indonesia, tidak boleh menyerah dengan keadaan, harus ada terobosan untuk tetap lakukan pembinaan olahraga," demikian Marciano.