Anniversary Pelita Jaya Pertama Gelar Festival Sepakbola Usia Dini

Anniversary Pelita Jaya/Repro
Anniversary Pelita Jaya/Repro

Kompetisi Liga Indonesia pernah memiliki klub besar bernama Pelita Jaya sebagai salah satu klub papan atas di era 1990-an.


Soal prestasi, mereka lima kali menembus partai final Galatama, dengan tiga kali menyabet gelar juara dan dua kali runner-up.

Gelar juara Pelita Jaya diperoleh di musim 1988/1989, 1990 dengan bintang-bintang seperti Bambang Nurdiansyah, dan 1993/1994 atau musim terakhir Galatama sebelum kompetisi digabung dengan Perserikatan musim selanjutnya. Sedangkan posisi runner-up didapat di musim 1986 dan 1987-1988.

Tak hanya jagoan di negeri sendiri, Pelita Jaya juga pernah menunjukkan taringnya di kancah Asia. Prestasi yang tak pernah dilupakan tentu saat tampil di Piala Champions Asia atau sekarang Liga Champions Asia edisi 1991.

Klub yang sudah malang melintang di kancah sepakbola tanah air kini sudah memiliki pembinaan sepakbola bagi anak anak usia dini, bertempat di Lapangan Sawangan, Depok sejak Pelita Jaya bangkit. Dari situ pula pembinaan sudah berajalan secara tersetruktur dan rapi.

Pelita Jaya yang sudah memasuki masanya hampir 30 tahun lebih. Kali ini Pelita Jaya akan menggelar Anniversary Pelita Jaya Pertama dengan mengadakan festival sepakbola bagi usia dini, Festival sepakbola mulai dari usia 8 thn (2012) 10 thn (2010) dan 12 tahun (2008).

Pelaksanaan dua hari mulai tanggal 19-20 Desember 2020 di Lapangan Sintetis POR Pelita Jaya Sawangan Depok, Bogor Jawabarat, dengan melibatkan sekitar 48 tim, baik katagori usia 8, 10 dan katagori usia 12 tahun.

“Ini bagian dari sebuah momentum bagi Pelita Jaya, memeriahkan dengan mengadakan Festival sepakbola usia dini di tambah lagi bisa hadirnya para pemain legendaris nasional yang tentu bukan hal yang mudah untuk bisa mengumpulkannya. Mereka para mantan adalah bagian pemain yang membawa nama persepakbolaan tanah air di mata dunia, Saya berharap pelaksanaan dua hari bisa lancar semua,” ujar mantan Juara Galatama dan jebolan Pelita Jaya 1989/90, Elly Idris pada wartawan, Sabtu (3/10). 

Meski masih dua bulan ke depan, namun tim peserta yang ikut sangat antusias dan hampir memenuhi kuota dari sabang hingga merauke.

“Semoga situasi pandemi yang mengarah ke new normal akan indah pada waktunya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman serta cek suhu badan dan menjaga kebersihan menjadi faktor utama dalam pelaksanaan nanti,” tandasnya.