Relawan TFK Kantin ITS Terima Penghargaan dari Pemprov Jatim

Pemberian penghargaan pada warga/tokoh yang berjasa/dok hms
Pemberian penghargaan pada warga/tokoh yang berjasa/dok hms

Relawan Task Force Kemanusiaan (TFK) Kantin ITS, Radian Jadid, menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kepada warga/tokoh yang dinilai telah berjasa dan memberikan kontribusi bagi Jatim.


“Piagam penghargaan Gubernur Jawa Timur bagi TFK Kantin ITS bukanlah akhir dari perjuangan. Karena masih banyak aktifitas kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Radian, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (12/10).

Momentum ini, sambungnya, harus menjadi pemacu TFK Kantin ITS untuk terus berkembang di satu sisi dan sebagai ajang refleksi dan kontemplasi di sisi yang lain.

“Yang pasti TFK Kantin ITS tidak akan berhenti untuk memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa. Salam kemanusian, salam pemberdayaan,” tegasnya.

Radian  dikenal sebagai Ketua Pelaksana Program Pendamping Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan KOGABWILHAN II Indrapura (RSLI), yakni sebuah “supporting and education program” yang menjadi kerja bersama kerelawanan RSLI dengan Task Force Kemanusiaan Kantin ITS (TFK Kantin ITS).

Radian bersama dengan relawan yang lain telah bekerja keras melakukan pendampingan dan pemberdayaan dengan memberikan edukasi serta sosialisasi kepada pasien Covid-19  beserta keluarga juga masyarakat sekitarnya.

Capaian yang dapat diberikan adalah terbantunya RSLI dalam meningkatkan angka kesembuhan pasien serta terselesaikannya berbagai permasalahan lanjutan pasca pemulangan pasien Covid-19, yaitu penerimaan mantan pasien di keluarganya, lingkungan masyarakat, hingga tempat mereka bekerja dan mencari nafkah.

Radian Jadid hingga saat ini adalah Ketua T TFK Kantin ITS yang mengkoordinasikan berbagai aktifitas kerelawanan dan kemanusian dalam naungan organisasi tersebut.

TFK Kantin ITS adalah sebuah komunitas yang didirikan pada tahun 2018 lalu dengan tujuan melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dengan titik berat pada proses penanggulangan bencana berbasis kemasyarakatan dimana metode kegiatannya lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat, karena bagaimanapun menurut TFK Kantin ITS masyarakat berdaya akan memiliki daya tahan yang lebih untuk menyelesaikan berbagai masalah termasuk dalam kondisi bencana.

TFK Kantin ITS didirikan oleh mantan aktivis-aktivis mahasiswa yang dahulu sering berinteraksi di Kantin ITS, termasuk di dalamnya aktifitas kerelawanan saat tsunami aceh, bencana gunung meletus di merapi dan kelud, banjir bandang sitbondo, bondowoso dan sebagainya.

Dalam dalam perjalanannya TFK Kantin ITS terus berkembang dengan jumlah anggota yang terus bertambah serta beragam dengan berbagai latar belakang, domisili, serta pekerjaan/profesi.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TFK Kantin ITS di antaranya  membuat konsep dan membangun rumah kepada korban terdampak gempa yang diberi nama Rumah Tumbuh Lombok (RTL) pasca bencana gempa di Lombok pada tahun 2018 lalu.

Selanjutnya TFK Kantin ITS juga ikut terlibat dalam penanggulangan bencana pasca bencana angin ribut di Kecamatan Samiaji Kota Batu pada Nopember 2019 dengan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam perbaikan listrik perumahan warga terdampak.

Dalam masa pandemi yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 ini, TFK Kantin ITS juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan nama Gerakan Masyarakat Tanggap Covid-19, yaitu sebuah pemberdayaan kelompok pedagang di Pasar Duduk Sampeyan, Kab. Gresik, Jatim. Selain itu, TFK Kantin ITS juga melakukan pemberdayaan masyarakat Desa Jrebeng, Kab. Gresik, dalam program yang dinamakan “Desa Tanggap Covid”.

Penghargaan tersebut diberikan pada 11 Oktober 2020, malam, di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, juga menyerahkan penghargaan pada Bupati Gresik, Bupati Bojonegoro, Walikota Kediri, dokter Nur Arifah Destianzard  dan  Ahmad Rofiq Singgih Surya Medan (perawat).