Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Daop 7 Perpanjang Waktu Pemesanan Tiket

Suasana stasiun Madiun/dok hms
Suasana stasiun Madiun/dok hms

Mengantisipasi lonjakan penumpang pada long weekend, KAI Daop 7 Madiun memperpanjang waktu pemesanan tiket Kereta Api (KA).


“Long weekend kali ini telah kami sediakan sebanyak 26 perjalanan KA jarak jauh dan menengah ke semua tujuan yang melintas ataupun berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun, dengan total tempat duduk 43.606 seat, yang terdiri dari kelas eksekutif 12.894 seat dan kelas ekonomi sebanyak 30.712 seat,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (21/10).

Ia menjelaskan, sampai saat ini, sisa seat yang tersedia secara keseluruhan masih 75 % dari kapasitas seat tersedia. Kelas Ekskutif dan  Luxury 25 %, Bisnis dan Ekonomi 50 % dari total seat tersedia.

Ixfan  menjelaskan, tiket KA, untuk jarak jauh dan menengah sudah dapat dipesan mulai Selasa (20/10) untuk keberangkatan sampai dengan 1 November 2020 dan 2 Nopember 2020 (khusus KA Argo Wilis).

Sementara itu, untuk calon penumpang, selain diharuskan mematuhi protokol kesehatan, juga diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil Rapid Test, PCR/Swab test, dan atau surat keterangan sehat yang dikeluarkan puskesmas maupun rumah sakit. Sehingga bagi masyarakat yang merasa kurang enak badan, atau sedang sakit, diimbau agar menunda perjalanannya terlebih dahulu.

“Protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat di kereta api, mulai dari pelanggan datang ke stasiun, saat di dalam kereta, hingga tiba di stasiun tujuan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa perjalanan dengan kereta api, selain nyaman dan aman, juga terjamin kebersihan dan kesehatannya. Juga untuk menurunkan resiko terjadinya penularan penyakit berbahaya,” demikian Ixfan.