Kabupaten Probolinggo, Akan di Gerojok 1000 Desa Sapi dari Kementrian

   Yahyadi, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, saat melalukan MoU. /Repro
Yahyadi, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, saat melalukan MoU. /Repro

Pemkab Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, akan di Gerojok Program 1000 desa sapi oleh Kementerian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Republik Indonesia.


Rencananya, 1000 desa sapi tersebut akan di realisasikan di Kabupaten Probolinggo, pada akhir November atau awal Desember 2020.

"Ya, insyallah Kabupaten Probolinggo akan menerima 1000 desa sapi. Do'akan saja, semoga di akhir bulan November atau awal Desember 2020 ini sudah turun. Karena masih melihat kesiapan kandang komonal yang dipersiapkan oleh kelompok tani penerima manfaat," jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Kabupaten Probolinggo, Yahyadi pada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (28/10) siang.

Menurutnya, sapi tersebut akan dirawat di daerah Kecamatan Lumbang. Sebab, melihat potensi alam yang mendukung tentang adanya ketersediaan HMTatau HPT (Hijauan makan ternak atau Hijauan Pakan Ternak).

"Melihat kondisi alamnya, Lumbang sangat cocok untuk ketersediaan makan ternak dan pakan ternaknya," katanya.

Sapi-sapi itu, nantinya akan dibagikan ke 5 kelompok tani di 5 desa di Kecamatan Lumbang. 

"Jadi setiap desa mendapatkan 200 ekor sapi dengan total 1 kecamatan di Lumbang ada 1000 sapi dari kementrian pertanian," paparnya.

Selain itu, masih kata Yadi, pihaknya sudah melakukan Pemantapan Pelaksanaan dan Penandatanganan Pakta Integritas Program Super Prioritas 1.000 Desa Sapi dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Republik Indonesia, pada 23 Oktober 2020 di Bogor.

"Alhamdulillah, semuanya sudah dilakukan dan saat ini sudah dilakukan pelatihan pada kelompok penerima manfaat yang ada di kecamatan Lumbang," paparnya.

Sebab, Program Super Prioritas 1000 desa sapi tersebut, merupakan program nasional dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk Kabupaten Probolinggo.

"Di Indonesia yang mendapatkan program itu hanya 5 propinsi, salah satunya Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo sebagai Pilot Projects-nya," terang pria asal Desa Gebangan Kecamatan Krejengan ini.

Pihaknya, meyakini betul kalau Kabupaten Probolinggo akan mendapatkan program 1000 desa sapi di tahun 2020 ini.

"Inilah program ke ihlasan yang selama ini tidak disangka-sangka. Alhamdulillah, Kabupaten Probolinggo termasuk di prioritaskan dari pemerintah pusat untuk daerah," pungkasnya.