Video Komite Sekolah di Banyuwangi Kampanye Paslon 02 Menyebar via WA Group

rekaman video yang diduga Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran kampanye di kelas/repro
rekaman video yang diduga Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran kampanye di kelas/repro

Video berdurasi 32 detik yang diduga merekam Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran mendukung pasangan calon (Paslon) di Pilbup Banyuwangi nomor 02, Ipuk-Sugirah menyebar secara berantai melalui salah satu WhatsApp (WA) Group. Diduga pula, saat itu, menempati salah satu ruangan kelas, seperti tulisan pada data inventaris kursi peserta. Kejadian itu direkam oleh salah satu peserta rapat.


Dalam rekaman itu, Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran, Subur mengajak peserta rapat untuk mendukung Calon Bupati (Cabup) perempuan. Belakangan diketahui di Banyuwangi ada Paslon 01, Yusuf-Riza, keduanya laki-laki. Berikutnya, Paslon 02 terdiri dari perempuan dan laki-laki, Ipuk-Sugirah.

"Cuma yang tidak kalah pentingnya bapak ibu, satu yang saya pesankan, bulan Desember, tanggal 9, pilihan bupati jangan sampai lupa milih calon seng wedok (yang perempuan), itu pesen saya," papar subur dalam rekaman tersebut, Jumat (30/10).

Saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Subur membenarkan, bahwa orang di video itu adalah dirinya. Namun, video tersebut, kata dia, adalah video lama sebelum dua Paslon di Pilkada Banyuwangi memiliki nomor urut.

Subur yang diketahui tercatat sebagai anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pesanggaran itu, juga menampik bahwa video itu direkam pada 30 September dan telah masuk masa kampanye.

"Yang jelas itu video lama dan belum ada nomor urut dan itu spontanitas saya sebagai pribadi," kilahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi, Istu Handono menegaskan, bahwa di lingkungan sekolah tidak diperbolehkan dijadikan tempat kampanye. 

"Juga dilarang dijadikan tempat mengarahkan dukungan terhadap salah satu pasangan Cabup-cawabup di Pilkada Banyuwangi," tegas Istu.

Informasi lainnya, dari seorang warga yang enggan disebut namanya mengatakan, bahwa Subur juga pernah melakukan ajakan untuk mendukung Paslon 02, Ipuk-Sugirah. Itu dilakukan, ketika tim TKSK Pesanggaran menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial di Kantor Desa Sumbermulyo.