Pandemi, Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Mojokerto Alami Perubahan

Pencanangan dan Puncak Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Mojokerto 2020 di Pendapa Graha Majatama /RMOLJatim
Pencanangan dan Puncak Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Mojokerto 2020 di Pendapa Graha Majatama /RMOLJatim

Mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19, kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, akan mengalami sedikit perubahan menyesuaikan kondisi saat ini.


Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan terbagi menjadi empat yaitu Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih & Sehat (LBS), Pelaksana Terbaik PHBS, serta Pencapaian Program dengan  Pelayanan Kesehatan dan Pelayanan KB Baru/Aktif.

Pada tahun 2020, empat paket lomba tersebut akan disesuaikan dengan kondisi dengan melakukan pemilihan empat kategori. Antara lain Seleksi Kelompok Lansia Tangguh, Seleksi Kelompok PAUD Tangguh, Seleksi Kelompok KRPL/P2L Tangguh, dan Seleksi Pelayanan Posyandu Tangguh.

Penetapan kategori ini telah sesuai dengan kesepakatan OPD penyelenggara yaitu  Dinas P2KBP2, Dinas Kesehatan, DPMD dan TP PKK Kabupaten Mojokerto. Penentuan hadiah dan penghargaan disediakan cukup besar, yakni senilai total Rp 94 juta. 

Momentum  Kesatuan Gerak-PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Mojokerto ini, setiap tahun  diselenggarakan mulai bulan Oktober-November-Desember.

Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Sintarini Himawan Estu, menjabarkan hal ini dalam kegiatan Pencanangan dan Puncak Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Mojokerto 2020, di Pendapa Graha Majatama, Jum'at (20/11). 

“Seleksi pemilihan dilakukan melalui penyaringan di tingkat kecamatan. Selanjutnya ikut seleksi tingkat kabupaten, dengan mengirimkan laporan profil kelompok dan video pendukung. Nanti akan dipilih enam nominator dan dikunjungi.  Tidak ada penyambutan dan ceremonial. Cukup kader-kader, relawan tangguh, perform tempat kegiatan serta administrasi dan ketersediaan logistik penanggulangan Covid-19,” jabar Sintarini, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pjs Bupati Mojokerto diwakili Plt Assiten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin, pada acara ini mengimbau semuanya untuk tetap menjaga diri dan keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan berbasis 3M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan).

“Pandemi ini masih ada. Jangan lupa jaga kesehatan agar tidak tertular atau menularkan virus. Tetap terapkan 3 M. Kita patut mengapresiasi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan yang tahun ini diintegrasikan dengan sosialisasi dan edukasi penanggulangan Covid-19,” kata Didik membacakan amanat sambutan Pjs Bupati Mojokerto. adv