Goes To Campus Ajak Mahasiswa Awasi Pilkada

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi Abjudin Widiyas Nursanto ajak mahasiswa turut serta dalam pengawasan partisipatif dalam Pilkada 2020. Mengingat keberadaan mahasiswa bisa menjadi duta dari pesta demokrasi itu sendiri dengan memberikan pemahaman secara utuh kepada masyarakat.


"Goes to campus menjadi bagian kita mengajak mahasiswa untuk berperan aktif terutama di Pilkada Ngawi. Sifatnya ikut andil pengawasan yang partisipatif," terang Abjudin, Minggu, (22/11).

Diakuinya, sejak awal tahapan Pilkada digulirkan pihaknya sudah blusukan ke beberapa kampus di Ngawi. Dan terakhir road show di IAI Ngawi beberapa waktu lalu. Tentunya melibatkan BEM maupun unsur lain di lingkup mahasiswa. 

Abjudin menekankan pentingnya pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan proses pemilihan yang jujur, adil dan transparan. Dengan tujuan agar hasil pemilihan dapat diterima secara luas  dikalangan peserta pemilu maupun masyarakat.

Pengawasan partisipatif ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan untuk menekan angka pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada. Sehingga kehadiran pesta demokrasi di daerah harus berjalan sesuai konstitusi dan  regulasi yang diatur.

“pengawasan partisipatif adalah aktivitas memastikan proses tahapan-tahapan pemilihan dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan pemilu,"  pungkas Abjudin.