Ketua KPU Ngawi Tegaskan Gudang Penyimpanan Surat Suara Aman Meski Hujan

Surat suara Pilkada diterima KPU Ngawi/dok
Surat suara Pilkada diterima KPU Ngawi/dok

Terkait dengan kekhawatiran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ngawi tentang lokasi penyimpanan surat suara, di gudang penyimpanan logistik milik KPU. Ketua KPU Ngawi, Prima Aequina, menegaskan bahwa keberadaan gudang penyimpanan surat suara tidak perlu diragukan. Bahkan, menantang ke Bawaslu untuk melihat langsung di lokasi penyimpanan ketika terjadi hujan.


"Bawaslu bisa cek sendiri, kalau tidak percaya boleh menunggu di situ untuk memastikan bocor tidaknya," tegasnya saat dihubungi Kantor Berita RMOLJatim via telepon seluler, Minggu (22/11).

Untuk mengantisipasi kerusakan surat suara di gudang yang berada di Desa Beran masuk Kecamatan Ngawi Kota telah dipersiapkan palet atau dasar tumpuan penyimpanan. Di asumsikan dengan palet tumpukan kardus berisi surat suara tidak menyentuh langsung dengan lantai. 

Terlebih, setting dari percetakan semua surat suara dibungkus plastik sebelum dimasukan ke kardus. Jadi kondisi surat suara sebelum dan sesudah di sortir tetap aman sampai pelaksanaan pencoblosan 9 Desember 2020.

Dijelaskan Prima, saat ini KPU Ngawi telah menerima surat suara sejumlah DPT yaitu 686.775 plus 2,5 persen atau 17.169. Jumlah tersebut juga di cadangkan 2.000 untuk mengantisipasi kerusakan sehingga totalnya 705.944 surat suara.

Diberitakan sebelumnya, curah hujan di wilayah Ngawi,  dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Hal ini membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ngawi khawatir keberadaan surat suara Pilkada yang disimpan di gudang penyimpanan logistik milik KPU.