Hindari Isu Negatif Vaksin, Kepala Daerah Harus Jadi Contoh

Alma Erina / ist
Alma Erina / ist

Vaksinasi yang direncanakan oleh pemerintah pusat yang dimulai hari ini harus didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat. 


Demikian disampaikan oleh Alma Erina, selaku Bendahara DPD PSI Surabaya yang juga seorang dokter praktisi.

"Vaksinasi untuk membentuk herd immunity sangatlah penting. Harapan bahwa sebagian besar masyarakat menjadi kebal terhadap suatu penyakit akan terwujud. Vaksinasi dapat meminimalisir penyebaran penyakit serta memberikan dampak positif kekebalan terhadap seluruh masyarakat. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara mendukung penuh pemerintah dan mengukuti pelaksanaan vaksinasi sebagai solusi permanen untuk mengakhiri pandemi covid." ujar  Alma yang juga seorang dosen, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (13/1) 

Oleh sebab itu, lanjutnya, Partai Solidaritas Indonesia mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksin, dan tidak berspekulasi ataupun mempercayai hoax yang beredar. 

"Masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin, karena pemerintah Indonesia menjamin keamanan dan efektifitasnya. Saya yakin researcher dan para ahli mempunyai integritas yang tinggi untuk membuat vaksinasi covid 19 ini," sambungnya. 

Ia menjelaskan, jika pengendalian pandemi yang pernah terjadi di Indonesia seperti campak dan polio, pada waktu itu dapat teratasi dengan pelaksanaan vaksinasi. 

"Kita semua tentunya berharap pandemi covid 19 juga dapat dikendalikan melalui vaksinasi," imbuh Alma Erina 

Sikap Presiden Jokowi untuk menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksinasi, lanjutnya,  merupakan bentuk tanggung jawab pemimpin untuk mengedukasi rakyatnya bahwa vaksin itu aman dan halal.

Pelaksanaan vaksinasi selanjutnya di daerah, juga harus dimulai dari kepala daerah masing-masing  termasuk di Surabaya, agar ada kepemimpinan secara menyeluruh dan edukasi yang merata.