Erupsi Gunung Semeru, Abu Vulkanik Guyur Sejumlah Kecamatan Di Kabupaten Dan Kota Probolinggo

Nur Chairi saat menunjukkan abu vulkanik Gunung Semeru yang menempel di mobilnya. /RMOLJatim
Nur Chairi saat menunjukkan abu vulkanik Gunung Semeru yang menempel di mobilnya. /RMOLJatim

Abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru mengguyur sejumlah Kecamatan di Kabupaten dan Kota Probolinggo sejak sabtu (16/1) malam hingga petang hari ini.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo Sugito Prasetyo mengatakan,  di Kota Probolinggo ada tiga Kecamatan yang sangat merasakan dampak dari semburan abu vulkanik semeru. Yakni di Kecamatan Wonoasih, Kedopok dan Kademangan.

 “Untuk Kecamatan Wonoasih yang terpantau hampir terjadi di semua kelurahan. Sedangkan Kecamatan Kadepok dan Kademangan hanya sebagaian saja,” terangnya saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (16/1).

Sementara, jumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang terdampak abu vulkanik semeru lebih banyak dibanding dengan Kota Probolinggo.

“Kalau di Kabupaten ada sebanyak 9 Kecamatan yang terdampak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi.

Terpisah, dampak abu vulkanik ini mulai diketahui salah seorang warga Kota Probolinggo pada Minggu Pagi (16/1) pagi.

“Saya keluar pagi, ternyata mobil saya banyak abu vulkanik, akhirnya saya bersihkan dan di mata terasa pedih,“ pungkas Nur Chairi,