Kabar Hoax Kasdim Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Begini Klarifikasi Kodam Brawijaya

Mayor Inf Sugeng Riyadi/ist
Mayor Inf Sugeng Riyadi/ist

Kodam V/Brawijaya akhirnya angkat bicara pasca beredarnya foto anggota TNI yang disebut-sebut sebagai Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi, disertai keterangan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac.


Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Imam Haryadi mengatakan bila berita tersebut adalah hoax.

Maka dari itu kata Imam harus segera diluruskan agar tidak menimbulkan penyesatan opini di kalangan masyarakat terkait program pemerintah berupa vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan saat ini.

“Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal afiat. Jadi tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac,” tegas Imam dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (18/1).

Imam melanjutkan dengan menjelaskan data dan fakta yang sebenarnya terjadi terkait berita hoax yang beredar di media sosial (medsos) tersebut, sesungguhnya, anggota TNI yang dilingkari dalam foto yang beredar, adalah foto almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono.

"Almarhum Gatot Supriyono ini adalah Danramil Kebomas Kodim 0817/Gresik. Almarhum Gatot meninggal dunia pada hari Jum'at (15/1) pukul 23.06 akibat serangan jantung," ungkapnya.

Kapendam menambahkan almarhum Gatot Supriyono sebelum meninggal belum pernah divaksinasi Covid-19 dengan Merk Sinovac.

"Almarhum juga pernah melaksanakan test rapid antigen di Poskes Gresik pada hari Kamis, tanggal 14 Januari 2021, dan hasilnya non reaktif," paparnya.

Sedangkan untuk foto yang telah beredar lanjut Kapendam, diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021, saat yang Almarhum Gatot Supriyono mendampingi Danrem 084/BJ beserta keluarga melaksanakan ziarah ke Makam Sunan Giri, di Gresik.

"Sementara itu, di tanggal yang sama, Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima Vaksinasi Covid-19, dengan Merk sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik menggantikan Dandim 0817/Gresik (Letkol Inf Taufik Ismail) dikarenakan pada saat screening, tensi Dandim tinggi. Hingga berita ini diturunkan, kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat," katanya.

Untuk itu Kapendam menegaskan bila pemberitaan yang menyatakan bahwa Kasdim Gresik meninggal dunia usai divaksin Sinovac, adalah berita yang tidak berdasarkan pada kebenaran.

“Sehingga masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa Vaksin Covid 19 Merk Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi Pandemi Covid 19 di Indonesia saat ini,” pungkasnya.

Sebelumnya beredar sebuah informasi di media sosial (medsos) yang menyebut Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal dunia setelah disutik vaksin COVID-19 Sinovac.

'Innalillahi wainalilahi roziun.Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi.tadi malam Dan ramil kebu mas gresik meninggal akibat siangnya disuntik vaksin...pagi ini proses pemakaman...hati2 bahaya vaksin ini nyata,'