Jalan Darmo Ditutup, Dilarang Ada Aktivitas Apapun

jalan tunjungan yang akan ditutup untuk mencegah penularan covid 19
jalan tunjungan yang akan ditutup untuk mencegah penularan covid 19

Jam malam akan kembali diberlakukan di dua ruas jalan Kota Surabaya pekan ini, yakni Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan. Penutupan dua jalan tersebut akan dilakukan pada tangga 22 dan 23 Januari 2021.


Dua ruas jalan ini menjadi langganan penutupan jalan. Dia massa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), dua jalan ini juga pernah ditutup dan dijadikan kawasan physical distancing.

Saat ini dimassa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan kembali ditutup untuk sementara.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teddy Candra mengungkapkan, penerapan penutupan di dua ruas jalan berdasarkan keputusan bersama Pemerintah Kota Surabaya.

"Efektif akan mulai diberlakukan pada Jumat dan Sabtu, tanggal 22 dan 23 Januari 2021, dimulai pada malam pukul 20.00 WIB hingga pagi keesokan harinya pukul 08.00 WIB," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (21/1).

Dengan begitu diharapkan tidak ada aktivitas kendaraan maupun orang di kawasan dua ruas jalan utama Kota Surabaya tersebut mulai malam pukul 20.00 WIB sampai pagi keesokan harinya pukul 08.00 WIB.

Teddy menjelaskan pemilihan penutupan di Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo sangat beralasan. Pasalnya, dua ruas jalan ini menjadi tempat berkumpul yang berpotensi menimbulkan kerumunan di setiap akhir pekan.

"Seperti kita ketahui, setiap akhir pekan, mulai malam Sabtu hingga Minggu pagi, Jalan Tunjungan dan Raya Darmo selalu ramai. Sehingga diberlakukan penutupan sebagai kawasan tertib 'physical distancing' guna meminimalisir mobilitas pergerakan, baik orang maupun kendaraan," ujarnya.

Dalam penerapan jam malam, lanjut Teddy, Polrestabes Surabaya telah berkoordinasi dengan petugas Dishub Kota Surabaya serta TNI untuk mem-backup dan bersinergi agar proses pemberlakuan kawasan physical distancing di Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo dapat berjalan dengan lancar dan aman.