Hujan Lebat Timbulkan Longsor di Jogorogo Ratusan KK Terancam Kekurangan Air Bersih

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Hujan lebat mengguyur sekitar dua jam lebih di kawasan Kecamatan Jogorogo, Ngawi menimbulkan bencana tanah longsor di Desa Umbulrejo. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB pada Minggu, (31/1).


Kantor berita RMOL Jatim pasca kejadian langsung dilokasi dan menyebutkan longsor terlihat sepanjang 100 meter lebar 4 meter menerjang jalan desa dan area tanah pekarangan warga.

Titik longsor berasal dari lahan milik Perhutani tepatnya masuk hutan Pinus diatas Dusun Wajong, Desa Umbulrejo. 

"Sini hujan lebat banget sesaat kemudian ada suara gemuruh ternyata ada longsoran depan rumah saya. Saat itu juga sekeluarga langsung menyelamatkan diri. Dipastikan juga kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun rumah roboh," kata Wasito Adi Sekretaris Desa Umbulrejo, Minggu, (31/1).

Menurutnya, kejadian longsor itu memutus akses jalan desa demikian juga talud jalan jebol. Selain itu dipastikan kurang lebih 350 kepala keluarga (KK) warga tiga desa terancam kekurangan air bersih. Mengingat beberapa pipa saluran air bersih putus.

"Jelas warga dibawah sana tidak mendapatkan air bersih karena pipa air dari sumber yang ada di desa sini putus," jelasnya.

Ditambahkan juga pihak desa langsung memperingatkan ratusan KK untuk mewaspadai longsor susulan. Sebab hujan deras masih berpotensi terjadi di kawasan itu. Disebutkan Wasito Adi, longsoran terjadi akibat 3 saluran irigasi putus. Tentunya air bah menjadi satu menimbulkan erosi dan longsor.