Pandemi Dongrak Penjualan Online, Bukalapak Kembangkan Platformnya untuk Pelaku UMKM

Ngobrol virtual
Ngobrol virtual

Tidak semua sektor ekonomi mengalami penurunan tajam selama masa pandemi Covid-19 ini, di sisi lain juga mengdongkrak penjualan online. Karena itu, Bukalapak terus mengembangkan platformnya untuk pelaku UMKM.


"Penetrasi pengguna internet selama pandemi semakin mendorong Bukalapak untuk terus mengembangkan platformnya untuk para pelaku UMKM. Era pandemi membawa peningkatan jumlah UMKM yang go digital, namun juga menimbulkan sebuah tantangan baru, terutama di area ketahanan bisnis," kata VP Marketplace Bukalapak, Kurnia Rosyada dikutip Kantor Berita RMOLJatim dalam ngobrol virtual bertajuk "Strategi Baru Bukalapak Bantu UMKM Di Masa Sulit Pandemi" via Zoom, Kamis (4/2).

Hal ini, sambung Kurnia, yang ingin kami bantu dengan menyediakan beragam keuntungan menjadi Super Seller (dengan biaya layanan hanya 0.5%), serta fitur-fitur baru seperti fitur Discount Package, tampilan lapak yang baru, hingga Dashboard Analytics untuk memonitor pendapatan dengan lebih mudah dan menampilkan inspirasi pasar.

"Ditambah digelarnya Kontes Pelapak Indonesia, Bukalapak bisa membantu para pelaku usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas hidup serta berkontribusi mendorong laju ekonomi digital di Indonesia”, ujarnya.

Sementara itu, AVP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak, Baskara Aditama mengatakan, bahwa di samping memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, menjalankan transaksi sesuai prosedur yang sesuai, serta memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Bukalapak untuk makin memaksimalkan penjualan, para pelapak juga harus jeli memantau tren pasar.

“Memasuki awal 2021, barang-barang yang berhubungan dengan pandemi masih menjadi pencarian yang populer di Bukalapak, diikuti dengan hobi yang menunjang kegiatan di rumah aja, seperti tanaman hias dan console gaming. Materi seperti inilah yang juga akan dibagikan ke para pelapak Super Seller dalam online workshop sehingga mereka semakin siap mengikuti Kontes Pelapak Indonesia serta memanfaatkan layanan Super Seller dengan makin optimal”, terang Baskara.

Bersamaan dengan diluncurkannya satu tarif layanan Super Seller 0.5% serta Kontes Pelapak Indonesia, Bukalapak juga mengajak seluruh pelaku UMKM di tanah air untuk menggunakan kesempatan ini dengan cara mulai berjualan di Bukalapak maupun melakukan upgrade menjadi pelapak Super Seller bagi pelaku UMKM yang sudah bergabung di Bukalapak.

Kontes Pelapak Indonesia akan berlangsung tanggal 1 sampai dengan 28 Februari 2021 dengan rangkaian acara yang diawali oleh sesi edukasi dan pelatihan pengembangan bisnis untuk pelapak melalui online workshop sebelum mulai mengikuti kompetisi. Para pemenang kompetisi akan diumumkan pada tanggal 6 Maret 2021. 

“Sesuai komitmen Bukalapak untuk terus mendukung ketahanan serta kapabilitas bisnis pelaku UMKM, kami memiliki sebuah wadah yang bernama Komunitas Bukalapak. Saat ini, tercatat lebih dari 33.000 pelapak dari seluruh Indonesia bergabung di sini dan mereka berkesempatan untuk saling mengenal, berbagai ilmu dan pengalaman, serta mengikuti beragam program peningkatan kapabilitas bisnis yang tentunya sangat berguna sebagai bekal untuk memaksimalkan penjualan di Bukalapak dan berpartisipasi dalam Kontes Pelapak Indonesia”, ungkap Ian Agisti, Merchant Community Lead Bukalapak.

Dalam kesempatan ini, salah satu pelaku usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan platform Bukalapak untuk berjualan mengungkapkan pendapatnya mengenai inisiatif-inisiatif ini. 

“Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi membawa dampak yang begitu besar bagi seluruh pelaku bisnis, tidak terkecuali kami para pemilik UMKM. Karenanya, kami harus semaksimal mungkin memanfaatkan potensi dari platform digital untuk menjaga kelangsungan bisnis kami. Dengan adanya satu tarif layanan Super Seller 0.5% ini, ditambah Kontes Pelapak Indonesia, kami merasa mendapatkan semangat dan motivasi ekstra untuk berdagang online karena kesempatan untuk memaksimalkan penjualan di Bukalapak semakin besar”, demikian Restya.