Sempat Tertekan, Awal Tahun 2021 Permintaan Ruang Perkantoran Mulai Terserap Pasar

Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, Harto Laksono/RMOLJatim
Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, Harto Laksono/RMOLJatim

Meski sempat tertekan saat pandemi, namun, awal tahun 2021 ini permintaan ruang perkantoran mulai terserap pasar. Salah satunya di Spazio Tower, gedung perkantoran stratatitle yang berada di kawasan Surabaya Barat, yang dikembangkan perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD).


"Tingkat permintaan terhadap pasar perkantoran sempat mengalami kontraksi dan penurunan sejak tahun lalu saat terjadi masa pandemi Covid-19. Namun pada awal tahun 2021, ada signalemen permintaan ruang perkantoran di Surabaya berangsur-angsur mengalami tren positif. Salah satunya terjadi pada Spazio Tower, gedung perkantoran stratatitle yang dikembangkan oleh perseroan yang berhasil diserap pasar dengan cukup baik," kata Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, Harto Laksono dikutip Kantor Berita RMOLJatim dalam media update "Perkembangan Pasar Perkantoran Intiland di Surabaya" via Zoom, Kamis (4/2).

Hingga saat ini, sambung Harto, unit-unit kantor di Spazio Tower telah terjual sebanyak 70 persen sejak diluncurkan dan sebagian besar unitnya telah diserahterimakan kepada pembeli. 

"Terdapat lebih dari 60 persen dipakai sendiri oleh pemilik,” ujar Harto.

Beberapa perusahaan berskala nasional dan multinasional telah berkantor di Spazio Tower, baik di bidang manufaktur, supplier, digital start-up, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat satu perusahaan menempati area kantor seluas satu lantai di gedung ini.

Harto menjelaskan target pasar pembeli Spazio Tower memang sebagian besar adalah para pengguna akhir atau end user. Mereka mayoritas adalah para pemilik perusahaan atau pabrik di kawasan Surabaya. Kantor tersebut difungsikan bukan untuk operasional, namun lebih sebagai kantor representatif untuk bertemu dengan investor atau calon konsumen dari produk mereka sebelum berkunjung ke lokasi pabrik.

Perseroan menilai respon positif dari pasar tidak luput dari pesatnya perkembangan kawasan Surabaya Barat dengan pembangunan infrastruktur serta transportasi yang baik. Spazio Tower yang merupakan pengembangan lanjutan dari gedung Spazio yang telah beroperasi sejak 2012. 

Kawasan perkantoran terpadu ini dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, mulai dari perbankan, ritel,

dan area F&B sehingga mampu memberikan preferensi lebih bagi para konsumen yang memerlukan perkantoran yang modern, lengkap, dan dengan akses transportasi yang mudah.

Harto Laksnono menjelaskan Spazio Tower dirancang sebagai gedung perkantoran modern dengan konsep sehat dan ramah lingkungan yang diterapkan ke seluruh aspek bangunan. Didesain dengan area bukaan hingga 60 persen, gedung ini dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti jendela yang dapat dibuka di setiap unitnya serta tersedianya koridor terbuka untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam gedung.

Hal ini sejalan juga dengan salah satu survei yang dilakukan oleh Gensler pada tahun 2020 lalu, yang menjelaskan bahwa sebagian besar pekerja mengharapkan lingkungan kantor yang efisien serta memiliki fleksibilitas yang hampir sama ketika mereka harus menjalankan kegiatan work from home.

Hal yang menjadi perhatian utama adalah karyawan tidak berada di dalam ruangan tertutup, dan dapat menikmati penghawaan alami.

Fasilitas lain yang telah disiapkan di Spazio Tower adalah ketersediaan dua lantai area ritel F&B dan ruang komunal terbuka di setiap lantai yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai ruang santai atau meeting point dengan tamu atau kolega perusahaan.

Selain itu, fitur-fitur inovatif juga turut diaplikasikan ke dalam unit kantor Spazio Tower. Gedung perkantoran ini menawarkan kebebasan lebih bagi pemilik untuk mengatur penggunaan energi secara mandiri dan terpisah dengan unit lainnya. Sehingga selain dapat menekan biaya operasional, hal ini juga dapat memberikan kebebasan jam kerja bagi penggunanya.

“Konsep sehat dari unit kantor yang kami tawarkan dapat memberi keyakinan lebih bagi calon konsumen akan terjaminnya faktor kesehatan di lokasi. Hal ini menjadi kesempatan baik bagi kami untuk mengenalkan kembali konsep kantor sehat yang telah kami siapkan jauh sebelum pandemi,” ungkap Harto.

Selain itu, faktor penting lainnya yakni terdapat beberapa keunggulan yang dapat dinikmati dari bekerja di area perkantoran. Selain dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan, lebih fokus, maka bekerja di kantor dapat mengurangi stres, serta menjamin work-life balance dan menciptakan sinergi dan kolaborasi dengan tim.

Selain Spazio Tower, Perseroan juga mengembangan Praxis, area perkantoran modern berkonsep sehat di pusat kota Surabaya. Praxis merupakan pengembangan mixed–use & high rise terpadu yang menempati area seluas 1,1 hektar. Berlokasi tepat di dalam satu kawasan dengan Intiland Tower Surabaya, Praxis menerapkan konsep mall yang inovatif dalam gedung perkantoran.

Empat lantai perkantoran ini dilengkapi dengan fasilitas eskalator dan area parkir kendaraan di setiap lantai, yang dapat memudahkan mobilitas pengunjung dan karyawannya. Selain itu, Praxis juga menawarkan unit kantor yang dilengkapi dengan display façade ke arah koridor utama, sehingga memudahkan perusahaan untuk menampilkan produknya.

“Konsep kantor seperti mall ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya di Surabaya. Konsep ini tentunya sesuai bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumennya, seperti bank, kantor maskapai penerbangan, tour & travel agent, dan lain sebagainya,” jelas Harto lebih lanjut. 

Beragam perusahaan besar yang bergerak di bidang pasar modal, konsultan, serta jasa keuangan juga telah berkantor di gedung ini. Selain itu, saat ini ketersediaan unit serviced office dengan luas total 260 meter persegi juga telah tersewa habis, atas tingginya minat pasar perkantoran di pusat kota. Saat ini, perseroan tengah mempersiapkan pengembangan tahap kedua dari serviced office yang diproyeksikan akan siap pada bulan Maret tahun ini.

Harto menyebut bahwa telah terjadi tren positif akan kebutuhan ruang kantor di Surabaya sejak akhir 2020 lalu. Ia menilai konsumen mulai percaya kembali dengan amannya bekerja di gedung perkantoran.