Jurnalis Probolinggo Peringati Hari Pers dengan Bagi-bagi Ribuan Masker

Insan Pers Saat Membagikan Masker di Pasar Baru Kota Probolinggo
Insan Pers Saat Membagikan Masker di Pasar Baru Kota Probolinggo

Hari Pers Nasional (HPN) 2021, di Kota Probolinggo para wartawan yang tergabung dalam Jurnalist Kota Probolinggo (Jispro) yang dibantu oleh Pemerintah Kota Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota membagikan sekitar 1070 masker pada masyarakat.


Sebagai bentuk peduli ditengah bencana dan pandemi, di Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari ini, para Jurnalist Kota Probolinggo blusukan ke pasar tradisional dan jalan raya untuk bagikan masker pada masyarakat.

Bagi-bagi masker digelar di Pasar Baru Kota Probolinggo yang diikuti oleh Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, Kadis Kominfo Aman Suryaman, Plt. Direktur RSUD dr. Moh. Saleh, dr. Abraar HS Kuddah dan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. R.M. Jauhari.

Ketua Jispro, Rhomadona mengatakan pelaksanaan Hari Pers Nasional ke-75 sengaja digelar secara sederhana, mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi.

Kegiatan yang dilakukan diupayakan tidak menimbulkan kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepada Perwakilan Pemkot Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota, Dona menegaskan kritik dan tulisan 'pedas' wartawan merupakan bentuk fungsi kontrol, demi kemajuan Kota Probolinggo.

"Tulisan kritis teman-teman wartawan baik kepada pemerintah maupun penegak hukum, semata-mata bentuk tanggung jawab dari fungsi kontrol agar lebih baik," ungkapnya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (09/02/2021).

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. R.M. Jauhari mengajak insan pers untuk lebih aktif berkontribusi besar kepada masyarakat. 

"Peran dan fungsi kontrol pers merupakan kritik membangun untuk kemajuan. Semua itu sebagai kontribusi rekan-rekan pers yang dapat diberikan demi masyarakat," ujarnya.

Kepala Diskominfo Kota Probolinggo, Aman Suryaman menyebut Pers adalah garda terdepan di bidang informasi.

"Fungsi kontrol harus tetap ada. Karena kami belum sempurna, Pemerintah belum sempurna. Maka dari itu perlu masukan dan arahan yang baik dari insan pers," katanya.

Momentum HPN tahun 2021 di tengah pandemi, lanjut Aman, kami mengajak seluruh jurnalis mari bersama-sama mengedukasi masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Yang terbaru adalah vaksinasi. Hal itu adalah salah satu upaya pemerintah untuk menghentikan laju dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Karena pemerintah pasti menginginkan masyarakat sehat semua," pungkasnya.