Peduli Bencana Dan Pandemi, Jurnalis Dan Satlantas Probolinggo Kota Gelar Baksos Ke Tenaga Kebersihan

petugas kebersihan menerima bantuan dari Jispro/RMOLJatim
petugas kebersihan menerima bantuan dari Jispro/RMOLJatim

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Jurnalis Kota Probolinggo (Jispro) bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo Kota mengelar bakti sosial dengan menyantuni para Tenaga Harian Lepas (THL) bagian kebersihan penyapu jalan di Kota Probolinggo.


Sebanyak 26 tenaga harian lepas kebersihan jalan raya Kota Probolinggo diberi santunan berupa uang tunai, masker dan nasi kotak, sebagai bentuk keperdulian para Jurnalis pekerja yang mengabdikan diri pada masyarakat.

Dihari pers nasional yang ke 75 ini, diharapkan para awak media dapat menjadi acuan dalam menyajikan informasi pada masyarakat dan diharapkan jurnalist juga dapat peduli terhadap lingkungan.

Ketua Jispro, Rhomadona mengatakan, bersihnya jalanan juga bisa menekan angka kecelakaan yang menjadi tugas kepolisian. Banyak kasus pengendara motor kecelakaan karena menghindari bahu jalan yang penuh kerikil, terutama pasca banjir/genangan. Karena itu, Jispro menggandeng Satlantas Polres Probolinggo Kota.

"Sesuai tema ‘Jurnalis Peduli Bencana dan Pandemi Banjir’ yang terjadi di Kota didominasi banyaknya sampah di drainase jalanan, karena kurangnya kesadaran warga terhadap kebersihan. Karena peran penyapu sangat penting untuk mengurangi sampah di pinggir jalan yang berpotensi masuk ke drainase," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (12/02).

Sementara, Ani Suryani (34), salah satu tenaga harian lepas penyapu jalan raya mengaku bangga dan senang pada media dan Satlantas Polres Probolinggo Kota karena peduli terhadap tenaga kebersihan.

"Saya sangat berterimakasih pada wartawan dan Satlantas karena masih peduli pada kami para petugas kebersihan," ungkapnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Tavib menuturkan, gelaran bakti sosial tersebut merupakan suatu bentuk peduli media dan kepolisian terhadap kebersihan lingkungan, karena bila lingkungan bersih akan berdampak positif pula terhadap masyarakat.

"Di Hari Pers Nasional ini, kami bersama para media bersama-sama peduli terhadap kebersihan, dengan menyantuni para tenaga kebersihan,”

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh pada lingkungan masyarakat supaya sama-sama menjaga kebersihan, utamanya menjaga protokol kesehatan," tandas AKP Tavib.