Bendum Demokrat: Tidak Pernah Ada Pembahasan Musda di DPP, Pelaksanaan Tergantung Kesiapan DPD

Renville Antonio (tengah) dan AHY/dok
Renville Antonio (tengah) dan AHY/dok

Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio menyatakan belum ada agenda Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia. Selama ini, DPP memang belum membahas agenda tersebut karena memag belum ada usulan dari DPD, termasuk Jawa Timur.


"Kami di DPP memang belum mengagendakan jadwal Musda. Jadi tidak pernah ada pembahasan resmi soal itu," kata Renville Antonio dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (15/2).

Mantan Sekretaris DPD Demokrat Jatim itu mengaku heran dengan statemen mengenai pembahasan Musda yang harus dipercepat. Menurut dia, pendapat tersebut perlu diluruskan, karena memang DPP dalam menyelenggarakan Musda berpedoman pada AD/ART partai.

"Kami memahami Pak Suko Widodo belum paham mengenai AD/ART partai Demokrat karena memang beliau belum pernah di demokrat," tambahnya.

Dikatakan Renville, pelaksanaan Musda itu akan diusulkan oleh DPD kepada DPP. Sesuai mekanisme, jika DPD telah siap dan membentuk susunan kepanitiaan termasuk SC dan OC, maka pengurus DPD akan mengajukan surat resmi Kepada DPP yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris tentang waktu penyelenggaraan Musda tersebut.

"Jadi mekanismenya kami memang menunggu usulan dari DPD dan tergantung kesiapan mereka membentuk susunan kepanitiaan. Itu merupakan proses yang harus dilalui sesuai dengan AD/ART partai," pungkasnya.