Bupati Madiun Ikuti Rakor Percepatan Sertifikasi Aset Pemda Secara Virtual

Bupati Madiun H Ahmad Dawami bersama Sekda Tontro Pahlawanto saat mengikuti rapat koordinasi penyelesaian sertifikasi aset/RMOLJatim
Bupati Madiun H Ahmad Dawami bersama Sekda Tontro Pahlawanto saat mengikuti rapat koordinasi penyelesaian sertifikasi aset/RMOLJatim

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami didampingi Sekda Tontro Pahlawanto dan pimpinan OPD terkait mengikuti rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran dan percepatan sertifikasi aset milik pemda secara virtual dari Ruang Praja Mukti, Puspem Caruban, Senin (15/2).


Rakor yang diikuti oleh seluruh oleh seluruh Bupati dan Walikota se-Provinsi Jatim tersebut dibuka dan dihadiri langsung Menteri ATR/KA. BPN Sofyan Djalil. Dalam sambutannya, Sofyan Djalil minta agar seluruh pimpinan daerah khususnya di Provinsi Jatim memberikan dukungan penuh adanya rakor yang diinisiasi oleh KPK yang bekerjasama dengan BPN, karena masih banyak pemda yang belum tertib dalam proses sertifikasi aset. Jika terjadi sengketa penyelesaiannya lebih mengedepankan mediasi.

Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa menerangkan, pelaksanaan rakor ini merupakan tindaklanjut atau langkah cepat KPK agar pemda memprioritaskan penyelesaian aset masing-masing, sehingga penguatan dan pendampingan dari tim supervisi KPK sangat dibutuhkan.

"Rakor ini sebagai tindak lanjut KPK agar tindaklanjut atau langkah cepat KPK agar pemda memprioritaskan penyelesaian aset. Dalam penyelesaian itu dibutuhkan pendampingan dari tim supervisi KPK," terang Khofifah dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dalam kesempatan rakor tersebut ditunjukan pula daftar Pemda yang masih belum menyelesaikan sertifikasi asetnya oleh Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah VI, Edi Suryanto. Sementara itu Kakanwil BPN Jatim menegaskan, pihaknya menargetkan hingga tahun 2023 proses sertifikasi aset pemda di Provinsi Jatim bisa rampung 100 persen.

"Hasil rapat koordinasi tadi akan kita rapatkan lagi terkait langkah selanjutnya, insyaallah dalam waktu dekat ini," terang Bupati Madiun H Ahmad Dawami usai rakor.

Diketahui, untuk tercapai target 100 persen proses sertifikasi aset di propinsi Jawa Timur, Kakanwil BPN segera membuat MoU dengan pemda. Bahwa di tahun ini diperkirakan dapat menyelesaikan sertifikasi aset minimal 50 persen dari total aset yang belum selesai dimasing-masing pemda.


ikuti update rmoljatim di google news