Pelayanan Publik Polresta Malang Kota Jadi Contoh Polres Se-Indonesia

Kapolres Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata menerima penghargaan dari Kemenpan RB/Ist
Kapolres Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata menerima penghargaan dari Kemenpan RB/Ist

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 Polres di Indonesia. Polresta Malang Kota, Jawa Timur, menjadi salah satu Polres yang mendapatkan penghargaan ini.


Polres Malang Kota menerima penghargaan lantaran menciptakan pelayanan publik yang baik serta Inovatif.

Video berdurasi 5 menit yang menampilkan Kapolresta Malang kota Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata diputar di depan Menpan-RB Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Kepala BNN Irjen. Pol Petrus Reinhard Golose, Ketua KPK Firli Bahuri. 

Dalam Video tersebut, terlihat Jelas Kapolresta Malang Kota Menjelaskan Pelayanan Publik serta inovasi yang ada di Polresta Malang Kota.

Adapun aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik. 

"Visi-misi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa, (16/2). 

Sementara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi serta berterima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan dan evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya di internal Kepolisian. Sigit mengungkapkan Polri sudah membuat Road Map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024. 

"Kami berusahan terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi infor.asi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul pelayanan apa yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi. Inovasi bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online," ujar Sigit.

Kapolresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata mengatakan, seluruh anggota polisi di Polresta Malang Kota didorong  untuk membudayakan kualitas layanan yang santun.Sebab, pelayanan publik yang santun dapat menciptakan kepercayaan masyarakat atas kinerja yang dihasilkan. Dan tak lupa akan penekanan Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Nico Afinta Tentang Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab (TWT).

"Kedepan Polresra Malang Kota akan tetap meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, akan terus up to date, sehingga masyarakat nyaman dan aman dengan pelayanan yang anggota Polresta Malang Kota berikan," tegasnya.