Diintimidasi LSM, Ketua Pilkades di Kabupaten Probolinggo Mundur

Suasana Kantor Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo/RMOLJatim
Suasana Kantor Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo/RMOLJatim

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa di Brabe Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, mengundurkan diri lantaran mendapatkan intimidasi dari oknum salah satu LSM di Probolinggo.


Pengunduran diri Ahmad Baidawi ini disampaikan melalui sebuah surat pernyataan pengunduran diri yang ditanda tanganinya pada Sabtu (20/2) lalu. Bahkan surat tersebut sudah diterima oleh PJ Kades Brabe dan Camat Maron pada Senin (22/2) kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kantor Berita RMOLJatim, ada 3 alasan yang diduga melatarbelakangi pengunduran diri dari ketua panitia Pilkades yang baru bertugas itu.

Dimulai dengan adanya permintaan dokumen milik Balonkades yang diminta oleh oknum LSM kepada Ahmad. Namun oleh Ahmad hal itu secara tegas ditolak dan dipertahankannya lantaran dokumen tersebut adalah milik panitia dan tidak untuk diberikan kepada LSM.

Hal itu memicu perdebatan yang berujung ancaman atau intimidasi kepada Ahmad. Bahkan intimidasi itu dilakukan langsung oleh para oknum LSM di rumah Ahmad yang notabene dikenal sebagai sosok religius di Desa Brabe.

Dengan adanya intimidasi itu lantas membuat istri dari Ahmad merasa ketakutan sehingga meminta kepada suaminya itu untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua panitia Pilkades. Kemudian alasan terakhir yakni Ahmad yang mengeluhan sakit nyeri di dada. 

 "Alasannya itu tadi, katanya sempat didebat dan diancam oleh oknum anggota LSM, karena takut akhirnya oleh istrinya dilarang untuk meneruskan sebagai ketua panitia Pilkades, dan terakhir dia mengeluh mengalami sakit nyeri di dada sehingga khawatir tak mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik," ujar Camat Maron Mudjito, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (23/2).

Menurutnya, saat ini permasalahan tersebut sedang dibahas oleh Forkopimka Maron bersama dengan Pemerintah desa Brabe. 

"Kita tetap memastikan tahapan Pilkades di desa Brabe tetap berjalan sesuai jadwal. Walaupun kalau pada akhirnya harus segera dilakukan pemilihan ketua Pilkades yang baru, karena pejabat sebelumnya mengajukan pengunduran diri," bebernya. 

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menyebutkan, kalau saat ini pihaknya masih mengumpulkan para panitia Pilkades di Desa Brabe.

"Kita masih mengumpulkan para panitia Pilkades ini ya. Semoga hasilnya bagus," tegas dia.