Unesa Raih Dua Penghargaan Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Kemdikbud

Gedung Unesa / ist
Gedung Unesa / ist

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meraih dua penghargaan dalam bidang akuntabilitas kinerja dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kemdikbud kepada Unit Kerja/ Satuan Kerja dengan Kinerja Anggaran dan Sakip Terbaik tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada kanal youtube Kemendikbud RI pada hari Selasa (23/2). 


"ini akan menjadi pelecut semangat Unesa untuk terus meningkatkan kualitas. Ini tentu tidak sekadar menjadi kabar baik bagi seluruh civitas akademika tetapi juga menjadi energi baru bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja lembaga”, terang Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Terkait kategori penghargaan ini, Nurhasan mengatakan bahwa di Unesa akuntabilitas kinerja menjadi tujuan yang selalu diupayakan.

“Komitmen itu bahkan tertulis dalam misi Unesa. Sebagai lembaga pendidikan kami berkewajiban melaksanakan Tridharma perguruan tinggi. Tetapi kami sebagai bagian dari lembaga pemerintahan, tujuan kami juga melaksanakan tata pamong yang transparan dan akuntabel sehingga mampu menjamin mutu dan meningkatkan kualitas lembaga”, tuturnya.

Dalam acara ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem turut mengapresiasi kinerja seluruh Satuan Unit di Kementeriannya.  

“Prestasi yang kita capai pada tahun 2020, hendaknya dapat menjadi pengingat untuk kita semua untuk terus meningkatkan tata Kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan dan akuntabel sebagaimana yang tertulis dalam dokumen perencanaan strategis kita” ungkap Nadiem. 

Dalam acara ini, Unesa berhasil meraih dua penghargaan sekaligus.

Pertama, Unesa menjadi yang terbaik dalam kategori SAKIP untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) dengan total nilai 81,90 disusul Universitas Gajah Mada dengan nilai 81,76 dan Universitas Negeri Yogyakarta dengan total poin 81,76. 

Unesa juga meraih peringkat Kedua kategori Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) dengan total nilai 98,70. Untuk peringkat pertama ditempati Universitas Sebelas Maret dengan total poin 98,84 sementara ketiga ditempati Universitas Riau dengan total poin 98,44 

Penghargaan SAKIP di lingkungan kemdikbud ini merupakan agenda tahunan sebagai upaya untuk menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat berjalan secara efisiensi, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungan, terwujudnya transformasi instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional, terpeliharanya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.