Wapres Maruf Luncurkan Program New Istiqlal di Hari Jadi Masjid Iastiqlal ke-43

Masjid Istiqlal/Net
Masjid Istiqlal/Net

Masjid Istiqlal Jakarta merayakan hari jadi atau milad ke-43 pada tahun 2021 ini sejak dibuka pada 22 Februari 1978. 


Peringatan milad ke-43 itu dilakukan secara daring dan luring di Masjid Istiqlal Jakarta dan disiarkan melalui kanal Masjid Istiqlal TV dengan mengusung tema "Memberdayakan Umat Untuk Kemajuan Bangsa". 

Wakil Presiden Maruf Amin turut hadir dalam acara tersebut. Selain menyampaikan sambutan Milad ke-43 Masjid Istiqlal, Wapres juga meluncurkan program New Istiqlal secara virtual. 

"Di tahun 2021, Masjid Istiqlal telah menyelesaikan renovasi sejak pertama kali dibangun pada 1978. Masjid Istiqlal telah berdiri mewah dan megah di jantung Ibukota Jakarta," ujar Maruf Amin mengutip Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (22/2). 

Menurutnya, Masjid Istiqlal selama ini bukan hanya berfungsi sebagai masjid dalam makna tradisional. Lebih dari itu, Masjid Istiqlal telah menunjukkan fungsi sosial dan politiknya dalam perjalanan bangsa. 

"Saatnya kini Istiqlal mengembangkan perangkat lunaknya untuk menjadikannya sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban serta budaya Islam di Indonesia," terangnya. 

Adapun program New Istiqlal sendiri merupakan gagasan untuk menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat kegiatan masyarakat Islam di Indonesia. 

Selain itu, program tersebut diarahkan untuk menuju ekosistem Masjid Istiqlal sebagai masjid yang bisa mengkoneksikan berbagai kegiatan masyarakat.