Dirikan Dapur Umum, Dinsos Juga Distribusikan Makanan Ke Rumah Warga Terdampak Banjir

Dapur umum yang didirikan Dinsos/RMOLJatim
Dapur umum yang didirikan Dinsos/RMOLJatim

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo mendirikan dapur umum pasca banjir yang menenggelamkan ribuan rumah di 3 Desa di Kecamatan Dringu.


Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Pemkab Probolinggo, Ofie Agustin mengatakan, dapur umum tersebut untuk mendistribusikan pasokan makanan bagi para warga dilokasi banjir.

"Kita membuka dapur umum. Lokasinya di Kantor Kecamatan Dringu," katanya pada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (28/2).

Selain itu, petugas juga akan mendistribusikan pasokan makanan ke masing-masing rumah warga.

"Nantinya kita yang menyediakan pasokan makanannya," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Hujan yang mengguyur Probolinggo selama lima jam, membuat ribuan rumah warga di tiga desa Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo terendam banjir. Tiga desa itu ialah Desa Dringu, Desa Kedungdalem dan Desa Tegalrejo.

Air mulai masuk kerumah warga sekitar pukul 21.48 WIB. Sehingga, warga harus berusaha menyelamatkan barang-barang berharga.

Bahkan, warga yang sempat mendapat informasi kalau di hulu sungai Kedunggaleng mulai ada luapan air hujan, warga sudah menitipkan kendaraan roda empatnya ke desa sebelah.

Di desa Kedungdalem sendiri, ketinggian air mencapai 40 centimeter. Sedangkan di Desa Dringu, ketinggian air mencapai 150 centimeter atau dada orang dewasa.

Selain itu, banyak pagar rumah warga yang rusak dan roboh akibat derasnya air sungai Kedunggaleng. Bahkan tanggul penghalang air di Desa Dringu jebol, sehingga air meluber kerumah warga.

Saat ini banjir mulai surut dan para warga sedang melakukan bersih-bersih pasca air merendam rumah mereka.