Bea Cukai Juanda Musnahkan 1,2 Juta Rokok Ilegal

pemusnahan rokok ilegal/RMOLJatim
pemusnahan rokok ilegal/RMOLJatim

Jajaran Kantor Bea Cukai Juanda memusnahkan sekitar 1,2 juta batang rokok dari berbagai merek yang dinyatakan ilegal karena tanpa dilekati pita cukai.


Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto menjelaskan, selain memusnahkan rokok ilegal, petugas juga memusnahkan barang-barang ilegal lainnya seperti alat bantu seks.

"Barang-barang yang disita dan dimusnahkan oleh petugas itu merupakan penindakan sejak bilang Oktober 2020 sampai dengan Februari 2021," ujarnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim disela-sela pemusnahan rokok ilegal,  Rabu (3/3).

Menurut Budi Harjanto, terdapat sebanyak 848 penindakan rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai (rokok polos) dengan jumlah 2.033.360 batang rokok berbagai merek.

"Antara lain rokok merek Coffee, Stick, HJS, Avoluzzenk, Gudang Garam, Vios, M2 Mild, HND Pratama, Anoah, Nat Geo Mild, YS Pro Mild, AA Mild, Abs Special dan lain-lain," ujarnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, perkiraan nilai barang yang ditindak adalah sebesar Rp2.077.564.480 dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp1.249.676.857.

"Penindakan ini merupakan komitmen berkelanjutan dari Bea Cukai Juanda untuk memberantas peredaran rokok ilegal," katanya.

Budi menambahkan, atas penindakan terhadap 2.033.360 batang rokok ilegal tersebut, sebanyak 1.282.876 batang rokok telah ditetapkan sebagai barang yang dikuasai negara dan dilakukan pemusnahan pada hari ini.

"Sedangkan sebanyak 750.484 batang rokok masih dalam proses penyelesaian berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku," terangnya.

Barang-barang tersebut disita dari berbagai tempat paket pengiriman barang yang ada di wilayah Bandara Juanda.

"Terdapat pengiriman rokok ilegal melalui Kantor Pos MPC Surabaya. Selain itu atas informasi dan analisa target barang kiriman melalui jasa pengiriman yang lain seperti JNE, J&T, TIKI, dan SICEPAT EXPRESS," terang Budi. 

"Jumlah penindakannya banyak, karena barang tersebut dikirimkan melalui jalur perorangan," tandasnya.