Modal 132 Suara, Kader PDIP Dilantik Jadi Legislatif Ngawi

Susi Handayani anggota DPRD Ngawi hasil PAW 
Susi Handayani anggota DPRD Ngawi hasil PAW 

Meskipun dengan modal 132 suara hasil Pemilu 2019 lalu, Susi Handayani pada akhirnya berhak sebagai anggota DPRD Ngawi dari PDIP. 


Hal itu ditandai dengan peresmian dan pelantikan melalui gelaran rapat paripurna, Rabu, (3/3).

Pengangkatan sebagai anggota lembaga legislatif atas diri Susi, merupakan hasil pergantian antar waktu (PAW) sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tertanggal 17 Februari 2021 lalu.

Perempuan 43 tahun asal Desa Ngale, Kecamatan Paron ini menggantikan posisi Dwi Rianto Jatmiko yang mengundurkan diri setelah mengikuti kontestasi politik Pilkada Ngawi pada 9 Desember 2020. Setelah dilantik, nama Susi sesuai alat kelengkapan internal dewan akan menduduki di kursi Komisi II DPRD Ngawi. 

"Ya Mbak Susi menjadi anggota DPRD Ngawi hasil PAW sampai pada tahun 2024 nanti," terang Sarjono Wakil Ketua DPRD Ngawi dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara Susi Handayani di hadapan sejumlah wartawan mengatakan, saat Pemilu 2019 ia tercatat sebagai caleg dari PDIP dengan nomor urut 7 dengan memperoleh 132 suara di Dapil 6 (Paron-Kedunggalar).

Bahkan ia tidak mengira sama sekali akan menjadi legislatif hasil PAW, apalagi menggantikan posisi Dwi Rianto Jatmiko yang notabene Ketua DPRD Ngawi.

"Tidak mengira sama sekali menjadi anggota dewan. Ke depan nanti saya akan secepatnya beradaptasi serta belajar sesuai tupoksi saya sebagai wakil rakyat. Insyallah akan bekerja sesuai janji yang saya ucapkan," ungkap Susi Handayani.

Di tempat yang sama Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPC PDIP sekaligus Wakil Bupati Ngawi  tidak menampik sebagai anggota baru tentunya Susi secepatnya menyesuaikan diri di lembaga legislatif.

Pesannya, dalam waktu dekat Susi harus beradaptasi dilingkungan legislatif untuk memudahkan tugas-tugasnya. Lainya, harus banyak belajar terhadap regulasi dan peraturan baik internal legislatif maupun eksekutif. 

"Selain adaptasi dan belajar tentunya sebagai anggota DPRD Ngawi harus tampil sesuai performance full. Dan lainya harus sesering mungkin turun ke bawah untuk mendengarkan aspirasi warga sesuai daerah pemilihannya," ulas Antok sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko.