Ratusan Pedangang Pasar Tradisional Gresik Divaksin

Gus Yani dan Forkopimda Gresik pantau vaksinasi pedagang/Ist
Gus Yani dan Forkopimda Gresik pantau vaksinasi pedagang/Ist

Vaksinasi menyasar pedagang di Pasar tradisional dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik pada Jumat (5/3). Di antaranya pedagang di Pasar Petiken Driyorejo dan Pasar Baru Gresik. 


Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai harapan dan sesuai prosedur, Bupati dan Wakil Bupati Gresik berbagi tugas dengan mendatangi lokasi kegiatan secara terpisah.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Pasar Petiken Driyorejo. Sedangkan vaksinasi yang dilaksanakan di Pasar Baru Gresik ditinjau langsung oleh Wakil Bupati Aminatun Habibah. 

Menurut Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik bahwa ada sekitar 275 pedagang Pasar Petiken yang divaksinasi hari ini. 

"Pedagang pasar ini adalah salah satu cluster yang diprioritaskan, untuk mendapatkan vaksinasi untuk penanggulangan Covid-19," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (5/3). 

"Vaksinasi kali ini merupakan tahap awal untuk para pedagang di pasar tradisional dan kami pastikan para pedagang diseluruh pasar tradisional di Kabupaten Gresik telah menerima vaksinasi,” tuturnya.

Meski sudah divaksin, Gus Yani tetap meminta kepada semua masyarakat khususnya para pedagang di pasar agar tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang sudah ditetapkan.

"Melalui vaksinasi ini, kami berupaya memberi rasa aman dan nyaman bagi para pedagang dalam melakukan aktifitasnya di pasar terhadap bahayanya virus Covid-19," tandasnya.

"Jangan karena merasa sudah divaksin terus tidak mematuhi prokes, itu salah. Jadi kami himbau para pedagang tetap melaksanakan prokes, apalagi setiap hari selalu berhadapan dengan masyarakat dan menjadi cluster yang rentan terhadap virus Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengaku senang melihat antusias dan kesediaan para pedagang Pasar Baru Gresik saat mengikuti vaksinasi. 

"Alhamdulillah, pedagang di Pasar Baru Gresik atusias untuk divaksin, ini berarti masyarakat mengerti akan pentingnya vaksinasi," kata Bu Min panggilan akrab Wakil Bupati Gresik.

Bu Min melihat antusias para pedagang begitu luar biasa terhadap vaksinasi kali ini. 

“Tentu ini menjadi perhatian kita semua bahwa masyarakat ternyata mulai terbiasa dan tidak takut dengan vaksinasi," ujarnya. 

Pedagang di Pasar Baru Gresik yang hari ini menerima vaksinasi, lanjutnya, ada sekitar 538 orang. 

“Kami berharap jika kegiatan vaksinasi sudah merata keseluruh lapisan masyarakat, perputaran ekonomi di tingkat pasar tradisional kembali stabil dan dapat meningkat," imbaunya.

"Dengan adanya kegiatan vaksinasi disegala sektor, yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gresik ini. Masyarakat bisa merasa aman, tetapi tetap harus mematuhi prokes," pungkasnya.