Saling Klaim Dukungan, Garda Bangsa Sebut Pra Muscab 5 PKB Banyuwangi Tidak Sehat

Diskusi antara Pengurus DKC Garda Bangsa bersama perwakilan DPAC PKB di Banyuwangi/ist
Diskusi antara Pengurus DKC Garda Bangsa bersama perwakilan DPAC PKB di Banyuwangi/ist

Suhu politik di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi mulai memanas. 4 orang kandidat Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB saling mengklaim dukungan menjelang Musyawarah Cabang (Muscab) ke-5.


Ketua Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa, Fahmi Toha beserta beberapa perwakilan Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) menilai, aksi saling klaim jumlah dukungan dari DPAC tersebut dapat menyebabkan munculnya riak-riak perpecahan ditingkat bawah.

Menyikapi hal itu, DKC Garda Bangsa mengaku akan melaporkan aksi saling klaim tersebut yang disebut dilakukan oleh para kandidat kepada DPP PKB. Hal itu, kata dia, agar menjadi telaah bahwasannya pra muscab PKB di Banyuwangi diduga tidak sehat.

"Saling klaim banyaknya dukungan yang disampaikan kandidat ketua DPC PKB Banyuwangi periode mendatang sangat disayangkan karena bisa berdampak perpecahan di pengurus tingkat bawah," tegas Fahmi seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (5/3).

Menurutnya, aksi saling klaim dukungan itu, selain menimbulkan perpecahan di internal partai, juga banyak pihak yang menduga proses pra muscab untuk mengusulkan nama-nama pengurus DPC PKB nantinya tidak sesuai aturan partai, sehingga proses demokrasinya berjalan tidak sehat.

"Di Banyuwangi jumlah pengurus PKB tingkat kecamatan sebanyak 25 DPAC, namun para kandidat ada yang mengklaim mendapat dukungan 16 DPAC, Kandidat lainnya mengklaim mendapat dukungan 19 DPAC, ada juga kandidat yang mengaku mendapat dukungan 17 DPAC, bisa-bisa usulan-usulan nama tersebut tidak melalui rapat pleno," sebut Fahmi.

Lebih lanjut, Gus Fahmi menekankan bahwa, penentuan Ketua DPC PKB periode mendatang adalah kewenangan mutlak dari DPP PKB. Sehingga perhelatan Muscab ke-5 nanti tidak tepat kalau dijadikan ajang untuk saling mencari sebanyak mungkin dukungan agar menjadi pemimpin PKB Banyuwangi.