Raya Dukuh Pakis Banjir, Pemkot Surabaya Sebut Pemicunya Tak Ada Saluran

Jalan Dukuh Kupang-Jarak banjir/RMOLJatim
Jalan Dukuh Kupang-Jarak banjir/RMOLJatim

Diguyur hujan sekitar 30 menit Jumat (26/3), kawasan Raya Dukuh Pakis Surabaya atau tepatnya di perempatan jalan Dukuh Kupang - Jarak langsung banjir hingga selutut orang dewasa.


Namun sayangnya, pemandangan yang kerap kali terjadi melanda kawasan itu saat hujan turun diklaim oleh Camat Sawahan Yunus, hanya sebatas genangan.

Pasalnya luberan air hingga menutup jalan raya itu hanya sebentar saja. Artinya tidak sampai berhari-hari.

"Oh iya, bukan banjir, itu namanya genangan, habis ini habis itu, Bu Erna sudah perso soal itu. Coba tanya Bu Erna ya," ujar Yunus dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (26/3).

Bahkan Yunus menegaskan, kawasan langganan penampungan air hujan itu juga pernah mendapat perhatian khusus dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ketika menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Nah, dari pantauannya itu ternyata sudah dapat diketahui penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, Yunus menyarankan agar menghubungi dinas terkait.

"Dulu kan pernah dicek sama Bu Risma, pasti akan diambil langkah-langkah. Memang disitu kalau deres sedikit pasti ada genangan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati, mengatakan jika daerah tersebut langganan banjir.

Hal ini dikarenakan belum adanya saluran air disepanjang jalan tersebut.

"Belum ada salurannya, ini masih proses lelang dalam pembuatan saluran," pungkasnya.