Satu Kasus Positif Covid-19 Meninggal Dunia, Jember Masuk Zona Kuning

Bupati Hendy dan Wabub saat menemui pimpinan DPRD Jember/Ist
Bupati Hendy dan Wabub saat menemui pimpinan DPRD Jember/Ist

Tiga Kecamatan di Kabupaten Jember dipastikan menjadi zona hijau atau bebas dari penyebaran Covid-19. Ketiganya adalah Kecamatan Mumbulsari, Jenggawah dan Jombang. 


Menurut Plt Kepala Dinas komunikasi dan informasi Pemkab Jember, yang juga juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Habib Salim, sejak 2 hari kemarin sudah ada kecamatan memasuki zona hijau atau bebas penyebaran Covid-19.

"Di awali kecamatan Mumbulsari, kemudian menyusul 2 kecamatan yakni kecamatan Jenggawah dan Jombang menjadi zona hijau," ucap Habib Salim kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (31/3).

Dia menjelaskan, sesuai peta Covid-19 Kabupaten Jember, tiga Kecamatan zona hijau, sedangkan 13 kecamatan lainnya zona  kuning (resiko rendah) dan 15 zona orange (resiko sedang).

Ia berharap satu persatu kecamatan di Kabupaten Jember, berubah menjadi zona hijau.

Hingga Rabu (31/3), secara umum, Kabupaten Jember masih tercatat zona orange. Sebelumnya sudah masuk zona kuning.

"Namun karena adanya satu kasus pasien Covid-19, yang meninggal dunia kemarin, Kabupaten Jember, kembali naik lagi menjadi zona orange," katanya. 

Sementara Bupati Jember yang juga Ketua Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Hendy Siswanto menjelaskan, penularan Covid-19 di kabupaten Jember sudah berhasil ditekan dengan berbagai upaya. Di antaranya dengan operasi yustisi, sosialisasi dan vaksinasi.  

Menurutnya angka Covid-19 dalam berapa hari terakhir sudah rendah. Bahkan nyaris tak ada kasus.  

"Sudah ada sejumlah kecamatan yang sudah zona hijau," ucap Hendy kepada sejumlah awak media di Kantor DPRD.

Meski sudah ada kecamatan zona hijau, Hendy juga mengingatkan masyarakat supaya tetap harus waspada penyebaran virus Covid-19. 

"Kita tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas)," katanya.

"Kita harus melaksanakan arahan Presiden, selama seluruh wilayahnya betul-betul zona hijau, tetap harus waspada. Sebab virus selama 24 jam tidak tampak oleh mata kita," pintanya.

Sesuai data tim penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, pada Selasa (30/3), hanya ada satu kasus baru positif Covid-19. Pasien positif yang berasal dari Kecamatan Sumber Sari ini meninggal dunia. Sedangkan pasien positif sembuh baru ada 5 orang. 

Total pasien pasitif Covid-19 di Kabupaten Jember saat ini mencapai 6.761 kasus.  Sebanyak 6.282 orang (92, 92 %) di antaranya dinyatakan sembuh, 444 orang (6,57%)/ meninggal dunia dan sebanyak  35 orang (0,52%) masih dalam perawatan.