Anggota DPRD Gresik Muhammad Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Proyek Investasi PDAM

Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Muhammad /Ist
Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Muhammad /Ist

Muhammad, salah seorang anggota DPRD Gresik menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi proyek kerjasama investasi senilai Rp 133 miliar, antara PDAM Giri Tirta Gresik dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) pada tahun 2012 silam.


Pemeriksaan Ketua Komisi IV DPRD Gresik dari Fraksi PKB oleh KPK ini dibenarkan Dirut PDAM Giri Tirta, Siti Aminatus Zariyah. 

"Benar, hari ini Kamis (1/4/) Pak Muhammad dimintai keterangannya bersama empat orang mantan pejabat PDAM Giri Tirta Gresik. List data panggilannya ada," katanya saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (4/1).

Ditanya siapa saja mantan pejabat PDAM Giri Tirta Gresik yang panggil KPK, Siti menegaskan, keempat pejabat tersebut. Yakni, Kabag Keuangan, Kepala Litbang, Kabag Perencanaan dan Kabag P3T.

Bahkan sehari sebelumnya, dirinya sempat diperiksa oleh KPK untuk dimintai keterangan terkait hal tersebut. 

"Ya kemarin, saya diperiksa penyidik KPK," ucapnya.

Saat diperiksa penyidik KPK, Siti Aminatus Zariyah mengaku diminta untuk membawa berkas, seperti kontrak kerja, feasibility study (FS), dan lainnya yang dibutuhkan.

"Sampai saat ini, penyidik KPK belum mengambil berkas-berkas yang ada di kantor PDAM Giri Tirta. Hanya saja, setiap yang dipanggil untuk dimintai keterangannya diminta untuk membawa berkas yang diminta pihak penyidik," tandasnya.

Diketahui, pemeriksaan KPK ini terkait proyek kerja sama antara PDAM Giri Tirta Gresik dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dengan sistem Build Operate Transfer (BOT) untuk  membangun proyek instalasi pengolahan air di Desa Legundi, Kecamatan Driyorejo dengan investasi sebesar Rp 47 miliar dengan kerja sama selama 25 tahun.

Selain itu juga terkait proyek kerja sama PDAM Giri Tirta Gresik dengan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) untuk membangun proyek Rehabilitation Operating Transfer (ROT) di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo dengan investasi sebesar Rp 86 miliar. Kerja sama selama 25 tahun.

Sementara, Muhammad yang merupakan Ketua Komisi IV DPRD Gresik dari Fraksi PKB itu. Sejak beberapa hari terakhir, tidak pernah terlihat dalam kegiatan di gedung parlemen maupun diruang Fraksinya.