Candaan Airlangga Kepada 24 Ketua Kadin Daerah: Auranya Seperti Pramunas

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Waketum Kadin Anindya Bakrie./Dok
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Waketum Kadin Anindya Bakrie./Dok

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) adalah mitra pemerintah yang punya peran penting dalam struktur ekonomi Indonesia. Khususnya, dalam memastikan pemulihan ekonomi tidak hanya terakselerasi, tapi bisa merata di seluruh nusantara.


Pesan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu para ketua Kadin daerah dari 24 provinsi di Indonesia di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (1/4).

"Kadin adalah mitra pemerintah dan tentu pemerintah menyampaikan hal-hal yang menjadi tantangan ke depan terkait sektor perekonomian," ujar Airlangga seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Rombongan pengurus Kadin itu  dipimpin Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah, Anindya Bakrie.  Kepada mereka, Airlangga berpesan untuk selalu menggelorakan sikap optimisme hingga ke pelosok daerah.

“Kami meminta agar Kadin optimis ke depan. Terkait dengan pemulihan ekonomi dan pemulihan Covid-19  beserta target-targer perekonomian 2-3 tahun ke depan," pinta Ketua Umum Partai Golkar itu.

Airlangga juga mengomentari Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia yang akan digelar Mei mendatang. Airlangga menegaskan, pemerintah akan bersikap netral terkait pemilihan Ketua Umum Kadin yang baru.

“Munas diatur dalam AD/ART Kadin, ya itu diikuti saja. Pemerintah kan selalu netral," tegas Airlangga.

Meski demikian, disela pertemuan, Airlangga  sempat melontarkan canda. Ia mengatakan, berkumpulnya  24 Kadin Provinsi yang mendampingi Anindya Bakrie, auranya seperti penyelenggaraan pramunas. Diketahui, Anindya merupakan calon kuat ketua umum menggantikan Rosan P. Roeslani.

“Auranya seperti penyelenggaraan pramunas,” canda Airlangga.