Pileg 2024, Golkar Target Kenaikan Perolehan Kursi Di DPRD Jatim 

Golkar Jatim/Ist
Golkar Jatim/Ist

Golkar Jawa Timur menargetkan perolehan kursi legislatif di DPRD Jatim menjadi 17 pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Jumlah itu naik 4 dibandingkan perolehan Pileg 2019 sebesar 13 kursi.


Ketua GolkarJawa Timur M. Sarmuji mengatakan, untuk mencapai target, kader kader yang akan nyaleg di Provinsi harus serius. 

"DPD Golkar Provinsi juga akan memetakan daerah mana saja yang dimungkinkan akan ada penambahan kursinya," kata Sarmuji di Surabaya, Rabu (31/3).

Dia menyatakan, partainya optimis bahwa penambahan 4 kursi tersebut akan bisa di penuhi. Dicontohkan, untuk Dapil 9 meliputi Tuban-Bojonegoro. 

"Dulu kita tidak punya kepala daerah di situ, sekarang kita punya bupati Tuban. Juga dibeberapa tempat lainnya," tambahnya.

"Ini penting karena kita baru saja menyelesaikan Rakernas dan Rapimnas yang menghasilkan banyak keputusan-keputusan strategis. Jadi ini sosialisasi hasil rakernas/rapimnas 6 Maret lalu," tambahnya.

Sarmuji mengatakan, pihaknya menggelar Rakerda/Rapimda yang berlangsung dua hari, sebagai jalan untuk pemanasan menghadapi Pemilu 2024. Dalam Rakerda, semua pengurus akan memetakan basis massa Golkar dan potensi penambahan kursi di Pileg 2024 mendatang.

"Kita tidak perlu lagi mikir apakah Pemilu nanti maju atau mundur," jelasnya.

"Kita tidak perlu lagi berspekukasi tentang perubahan tata cara Pemilu,  spekulasi tentang proporsional terbuka atau proporsional tertutup,  spekulasi tentang besaran Dapil, spekulasi tentang metode konversi suara atau tidak," pungkasnya.